AMBON, Siwalimanews – Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas resmi melantik dan mengambil sumpah Idrus Kilkoda sebagai Kepala Pemerintah Negeri Kilkoda, Kecamatan Gorom Timur, Rabu (3/11).

Dalam kesempatan tersebut, Keliobas meminta kepada Idrus Kilkoda untuk bekerja keras dalam melayani masyarakat dan bisa merubah status Negeri Kilkoda dari desa berkem­bang menjadi desa maju.

“Kilkoda ini desa berkem­bang, saudara punya tang­gung­jawab untuk meletakkan desa ini menjadi desa maju,” tegas Abdul Mukti Keliobas.

Keliobas mengungkapkan, dari 198 Negeri dan Negeri Administratif di kabupaten bertajuk ‘Ita Wotu Nusa’ itu, masih banyak desa-desa yang berstatus sebagai desa tertinggal.

Dia menjelaskan, ada empat program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang harus menjadi skala prioritas untuk mendorong percepatan peningkatan mulai dari desa tertinggal menjadi desa berkembang dan desa berkembang menjadi desa maju.

Baca Juga: Pemkot Siap Benahi SPDN di PPI Eri

“Ada program pengembangan produk unggulan kawasan desa, program badan usaha milik desa, sarana dan prasarana olahraga dan embung desa. Mudah-mudahan dari empat program ini bisa dilakukan secara baik, saya yakin dan percaya ekonomi bisa berkembang dengan baik,” ungkapnya.

Keliobas menegaskan, tugas dan tanggungjawab menjadi kepala desa bukan hal yang mudah. Namun tambah dia, banyak tantangan dan dinamika yang akan dihadapi di tengah masyarakat saat bertugas.

Untuk itu, dia mengingatkan, hal yang paling hakiki dan mendasar dari amanah yang diberikan itu adalah bagaimana berupaya dengan berbagai kebijakan yang diambil untuk mensejahterakan masyarakat setempat.

“Kalau ada program-program pemerintah saudara jangan pilih kasih, semua terbagi, diarahkan baik-baik, disatukan baik-baik, sau­dara harus memahami regulasi dengan baik,” tutupnya. (S-47)