AMBON, siwalimanews – Hari Ulang Tahun Korps Pe­gawai Republik Indonesia (Korpri) ke-49, yang jatuh pada 29 November 2020 lalu dirayakan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) di  Lingkup Kabu­paten Maluku Barat Daya (MBD).

Upacara HUT Korpri dilaksanakan di Lapangan Kalwedo, Senin (30/11) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker dan menjaga jarak 1-2 meter.

Bertindak sebagai Inspektur Upa­cara, Gubernur Maluku, Murad Is­mail, dan Komandan Upacara, Ke­pala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Maluku, Jasmono.

Upacara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Watti­mury, Sekretaris Daerah Pro­vinsi Maluku, Kasrul Selang, Pjs, Bupati MBD, Drs. Melkias M. Lohy, M. T, pimpinan OPD di lingkup Provinsi Maluku, Komisaris Utama PT. Bank Maluku dan Maluku Utara, instansi vertikal yang berkedudukan di Provinsi Maluku, forkopimda Kabupaten MBD, Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, para asisten dan staf ahli.

Dalam sambutannya Gubernur Ma­luku, menyampaikan bahwa diri­nya merasa bangga dapat melaksa­nakan upacara HUT Korpri bersama ASN di kabupaten yang berada di perbatasan itu.

Baca Juga: Lantik Penjabat Kades Kokwari

“HUT Korpri menjadi motivasi bagi ASN untuk meningkatkan pengabdian bagi  rakyat, bangsa dan negara serta menjadi komitmen dan  refleksi terhadap kinerja yang telah dicapai sekaligus untuk menjaga dan meningkatkan solidaritas dan soliditas sesama anggota Korpri”, kata gubernur.

Lebih lanjut Gubernur  mengatakan bahwa perayaan HUT Korpri tahun ini dilaksanakan dalam suasana keprihatinan akibat pande­-mi Covid-19 yang menim­bulkan krisis kesehatan dan ekonomi serta dalam momentum politik yakni pemilihan kepala dearah secara serentak pada tanggal 9 Desember 2020 nanti bersama tiga kabupaten lainnya yang ada di Maluku.

Dengan mengusung tema  “Korpri berkontribusi melayani dan mempersatukan bangsa,”  gubernur  menegaskan beberapa hal kepada seluruh anggota Korpri di Provinsi Maluku.

Satu, anggota Korpri harus terpanggil dan mengambil peran dan memberikan kontribusi sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam penanganan Covid-19 terutama  untuk membantu dan melayani masyarakat dalam menghadapi krisis saat ini, tugas ini harus diemban untuk memastikan negara hadir untuk mengayomi rakyatnya.

Dua, untuk menjamin pilkada dapat berjalan secara aman, berkualitas, demokratis dan akuntabel maka seluruh anggota Korpri harus tetap menjaga integritas dan netralitas serta tidak terjebak dalam praktek politik praktis yang bertentangan dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, jaga martabat dan kehormatan sebagai seorang anggota Korpri dengan menjunjung tinggi norma dan nilai-nilai yang terkandung dalam Panca Prasetya Korpri.

Tiga, dalam revolusi industri 4.0, dengan tantangan dan kompetensi perubahan dunia yang sangat cepat, sehingga seluruh anggota Korpri harus mampu menghadapi per­saingan dengan cara dan terobosan yang baru. Kuncinya adalah kecepatan, kreatifitas dan inovasi.

Pada upacara HUT Korpri ini juga dilkasanakan penyerahan tanda jasa bagi ASN yang telah mengabdi 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun, kenaikan pangkat dan pensiun bagi ASN yang bergolongan IV. HUT Korpri ke-49 ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail. Kalwedo. (S-19)