AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan meminta Pemerintah Provinsi Maluku untuk dapat memberikan kuota internet gratis kepada siswa di tengah pandemi.

Hal ini disampaikan Hurasan kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (30/7) merespon keluhan konstituen yang diterimanya.

Dijelaskan, terkait dengan persiapan pembelajaran tahun ajaran baru yang akan dilakukan secara daring pada beberapa kabupaten dan kota di Maluku, maka pemerintah daerah perlu memperhatikan hal itu.

“Saya mendapatkan beberapa informasi di tingkat SD sampai SMA yang program kuota gratis bagi masyarakat telah beberapa bulan ini ditiadakan,” ungkap Hurasan.

Persoalan ini, kata Hurasan harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga: Dikbud Belum Maksimal Awasi DAK Pendidikan

Sebab dalam kondisi pandemi saat ini harus dipahami betul, bahwa proses belajar mengajar sudah tidak dapat dipaksakan untuk melakukan tatap muka, apalagi dengan peningkatan angka positif Covid-19 yang cukup tinggi di Kota Ambon.

Olehnya, pemerintah daerah harus hadir dengan layanan internet gratis, sebab sebagian besar siswa mengaku, mereka tergantung pada WiFi tetangga.

“Ini juga harus menjadi perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Maluku dan juga kabupaten dan kota yang ada,” cetusnya. (S-50)