AMBON, Siwalimanews – Walaupun dibawah guyuran hujan lebat, namun upacara ziarah tabur bunga dalam rangka HUT TNI AL ke-75 yang digelar Lantamal IX Ambon, di Taman Makam Pahlawan Kapahaha berlangsung khitmat, Rabu (9/9).

Dinas Penerangan Lantamal IX Ambon dalam rilinya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (10/9) menyebutkan dalam upacara itu bertindak selaku Inspektur Upacara Danlantamal IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, sementara  Dandenma Lantamal IX Letkol Marinir Muhamad As’ad dipercayakan sebagai Komandan Upacara.

“Disaat Danlantamal selaku Irup memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, tiba – tiba tetesan hujan mulai jatuh dengan deras, namun hal ini tidak mengurangi nuansa khidmat kegiatan tersebut,” ujar pihak Dispen.

Bahkan upacara tetap berlangsung dalam guyuran hujan yang cukup lebat disaat upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Danlantamal serta pembacaan doa serta penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Usai Upacara, Danlantamal IX beserta seluruh Pejabat Utama Lantamal dan ibu-ibu Jalasenastri Korcab IX DJA III serta para personel melakukan tabur bunga pada makam para pejuang bangsa yang ada di Taman Makam Pahlawan Kapahaha.

Baca Juga: Kompor Terjatuh, Rumah Warga OSM Ludes Terbakar

“Tabur Bunga ini adalah salah satu wujud penghormatan kita kepada para pahlawan, karena terwujudnya negara Indonesia adalah upaya para pahlawan yang telah bejuang dalam kemerdekakan bangsa,” tandas pihak Dispen. (S-21)