AMBON, Siwalimanews – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam bersama komisariat sejajaran Cabang Ambon menggelar aksi penggalangan dana untuk Pelestina. Kegiatan itu dipusatkan di perempatan Masjid Raya Al Fatah, depan MCM dan Pasar Mardika, Jumat (28/5).

Ketua HMI Cabang Ambon Burhanudin Rumbouw  menjelaskan, aksi penggalan dana yang di laksanakan HMI ini sebagai wujud rasa cinta sesaama umat manusia di muka bumi.

“Duka palestina adalah duka kita semua, penderitaan dan tangisan Palestina adalah penderitaan kita semua, maka uluran tangan dari kita semua sengat di harapkan oleh rakyat Pelestina untuk mengurangi beban penderitaan yang di alami mereka saat ini,” ucap Rombouw kepada wartawan di sela-sela aksi mereka di perempatan Masjid Al-Fatah Ambon, Jumat (28/5).

Menurutnya, Kota Ambon yang dikenal sebagai kota perdamain dunia dengan ungkapan ale rasa beta rasapotong di kuku rasa didaging, sagu selempeng patah dua, untuk itu, mari jadikan cerminan hidup rukun dan damai antara sesama umat manusia, menjunjung tinggi nilai-nilai keragaman antara bangsa dan negara.

“Untuk itu proses penidasan dan eksploitasi yang di lakukan oleh Israel kepada masyarakat Pelestina adalah salah satu tindakan melawan persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

Baca Juga: Hindari Wartawan, Samloy Pertanyakan Sikap Dinas PUPR

Hal itu sebagaimana tertuang dalam UUD 1945, yang menyebutkan, bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sabab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan.

“Atas dasar itulah HMI hadir sebagai organisasi perjuangan untuk menjawab keresahan yang saat ini dirasakan oleh rakyat Palestina,” tuturnya.

Pada kesmepatan itu, ia juga menyampaikan terimakasih kapada semua pihak yang telah membantu proses penggalan dana ini, semoga niat baik HMI dan semua warga Kota Ambon dapat di balas oleh Allah SWT. (S-51)