AMBON, Siwalimanews – Di hari ke-5 operasi Simpatik Siwalima 2020, Satlantas Polresta Pulau Ambon masih mendapati sejumlah pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan bermotor.

Pelanggaraan ditemukan pada pelaksanaan operasi  hari ke-5, Rabu (25/11) berlangsung di 9 titik secara serentak.

Sekalipun penindakan dalam operasi hanya mengedepankan fungsi preemtif & preventif berupa teguran tanpa penindakan hukum atau tilang. Namun temuan di lapangan menunjukan kurangnya kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu lintas.

“Tadi ini masuk operasi hari ke-5 yang dilaksanakan di 9 titik yakni, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Pantai Mardika, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Rijali, Jalan Setyabudi, Jalan Sam Ratulangi, atas JMP, Jalan Dr Leimena dan  Jalan WR Supratman, jadi pelaksaan olerasi menedepankan fungsi preemtif dan preventif, dimana tidak ada penilangan hanya teguran, dan masih banyak masyarakat yang melanggar,”jelas Kasubbag Humas Polresta Ambon, Ipda Izack Leatemia, kepada wartawan di Mapolresta, Rabu (25/11).

Dalam pelaksanaan operasi Satlantas Polresta Ambon juga melaksanakan patroli dan pengaturan di daerah rawan kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, serta menghimbau kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker dan mematuhi prokoler kesehatan.

Baca Juga: Balap Liar, Dalam Sepekan  32 Unit Ranmor Diamankan

“Selama 5 hari pelaksanaaan operasi sudah terdapat 35 pelanggar yang nendapat teguran,” ucap Kasubbag.

Ia berharap, dengan adanya kesadaran masyarakat akan pentinggnya menjaga keselamatan selama berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan dan kematian akibat kecelakan di wilayah hukum Polresta Ambon. (S-45)