AMBON, Siwalimanews – Jelang hari pemungutan suara pilkada serentak Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), 9 Desember besok, Komisi Pemilihan Umum Daerah MBD memastikan seluruh distribusi logistik pilkada berjalan dengan baik dan hari ini seluruh logistik akan tiba di PPS.

“Untuk seluruh logistik pilkada sudah terdistribusi dengan baik dan tidak ada masalah,” ujar Ketua KPUD Maluku Barat Daya, Jacob Aloupatty Demi kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Senin (7/12).

Dijelaskan, proses pendistri­busian logistik pilkada ke 17 Kecamatan di Kabupaten MBD telah dilakukan sejak empat hari lalu dan saat ini telah diterima oleh PPK untuk nantinya didistribusikan ke PPS.

Logistik pilkada yang telah diterima pihak PPK sendiri diri dari surat suara, kotak suara, bilik pencoblosan, form C1 plano, C1 hologram, alat bantu coblos bagi tunanetra, alat pelindung diri, serta obat dan minuman untuk penambah imunitas tubuh.

Terkait dengan waktu distribusi ke PPK, Demi menjelaskan jika sesuai jadwal dan tahapan pilkada seluruh logistik akan berpindah ke PPS pada sehari sebelum pilkada, artinya tanggal 8 Desember logistik telah diterima oleh PPS.

Baca Juga: Ini Arahan Gubernur Saat Sertijab Pjs Bupati Aru

Selanjutnya, setelah PPS mene­rima seluruh logistik pilkada maka logistik akan berpindah ke TPS pada saat hari mencoblos, sedangkan untuk TPS yang jauh dari PPS diusa­hakan sebelum hari pencoblo­san semua telah terdistribusi.

Lanjut Demi, dalam proses distribusi logistik pilkada ini, KPU MBD meminta bantuan dari aparat Kepolisian  Polres MBD untuk membantu mengamankan logistik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kita juga terus koordinasi dengan Kepolisian Polres MBD dalam mengawal logistik, sebab daerah MBD kan jauh,” terangnya.

Ditanya soal buku petunjuk bagi KPPS, Demi menjelaskan bila sampai saat ini bikin panduan KPPS tidak didapatkan oleh KPU MBD, karena itu saat ini komisioner KPU sementara gencar melakukan sosialisasi kepada petugas KPPS agar dapat dengan baik.

Selain itu, KPU juga terus menghimbau masyarakat dalam hal ini pemilih yang terdaftar dalam DPT untuk dapat menyalurkan hak pilih pada tanggal 9, sedangkan untuk masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT dapat menggunakan KTP elektronik.

Ditambahkan, KPU MBD sangat optimis pilkada Serena Bupati dan Wakil Bupati MBD tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar dan menjamin kualitas pilkada dimaksud. (S-50)