AMBON, Siwalimanews – Presiden  Joko Widodo dipastikan hari ini, Rabu (24/3) tiba di Ambon. Presiden dan rombongan dijadwalkan tiba di Ban­dara Internasional Patti­mura sekitar pukul 17.30 WIT.

Sekda Maluku, Kasrul Selang kepada Siwalima Selasa (23/3) menjelaskan,  Presiden didampingi se­jumlah menteri kabinet Indonesia maju salah satu­nya Menteri Keseha­tan, Budi Gunadi Sadikin.

Sebelumnya presiden dan rombongan dijadwal­kan akan melakukan kun­jungan kerja juga ke Kabupaten Buru untuk meninjau proses vaksinasi, namun dibatalkan dan akan dilakukan secara virtual.

“Kalau kunjungan ke Buru diba­talkan dan hanya akan dilakukan secara virtual. Nantinya Presiden akan berkunjung ke Kabupaten Maluku Tengah,” kata Kasrul.

Kunjungan orang nomor satu ke Ambon juga akan meninjau vak­sinasi di rumah sakit umum pusat (RSUP) dr. Johanes Leimena dan di Kabupaten Maluku Tengah akan me­ninjau proses vaksinasi di kom­pleks Rumah Raja Negeri Hitu Lama.

Baca Juga: Keselamatan Warga Terancam

“Kegiatan pak Presiden Kamis (25/3) yakni meninjau proses vaksinasi di RSUP dan di rumah Raja Hitu Lama,” jelas Kasrul.

Kasrul mengaku jadwal kunju­ngan memang sudah dipastikan tiba di Ambon pada hari Rabu (24/3) dan kegiatan akan belangsung pada hari Kamis (25/3). “Kita belum tahu pasti nanti pagi acara terlebih dahulu di RSUP Leimena ataukan beliau tinjau proses vaksinasi di Hitu Lama duluan, karena sampai saat ini masih tentatif,” ujarnya.

Pemerintah provinsi hanya me­ngikuti arahan dari protokoler ke­presidenan dan menyiapkan lokasi kunjungan orang nomor satu ter­sebut.

“Kita ikut saja, mau di Hitu Lama duluan ataukah di RSUP Leimena duluan, ya karena mereka yang atur,” ungkap Kasrul.

1.600 Personil Siap Amankan

Untuk diketahui, sebanyak 1.600 personil gabungan TNI dan Polri siap mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Ambon. Presiden dijadwalkan berkunjung pada besok Rabu (24/3).

Untuk memastikan kesiapan pengamanan, ribuan personil ini melakukan apel kesiapan di Lapa­ngan Merdeka Ambon, Senin (22/3). Apel kesiapan pengamanan kunju­ngan kerja Presiden ini dipimpin Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Gabriel Lema.

Turut hadir dalam apel, Gubernur Maluku, Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri dan Danrem 151/Binaya, Brigjen TNI Arnold Aristoteles Ritiauw.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat kepada wartawan usai apel mengatakan, kegiatan apel dilakukan untuk memastikan kesiapan anggota maupun kesiapan peralatan yang nantinya digunakan saat proses pengamanan Presiden. (S-39)