AMBON, Siwalimanews –  Dipastikan hari ini, Sabtu (26/9) Gubernur Maluku Murad Ismail akan mengukuhkan tiga penjabat bupati di tiga kabupaten jelang pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

Mereka yang dilantik yakni Kepala BPSDM Hadi Sulaiman sebagai Penjabat Sementara Bupati Seram Bagian Timur, Kepala Inspektorat Rosida Soamole sebagai Penjabat Sementara Bupati Kepulauan Aru dan Karo Humas dan Protokoler Setda Maluku, Melky Lohy sebagai Penjabat Sementara Bupati MBD.

“Ketiganya saya harus berada di tengah-tengah dan jangan memihak,  biarkan calon adu gagasan,” tegas Gubernur Maluku Murad Ismail dalam dialognya bersama Ketua KPK Firli Bahuri di studio TVRI, Sabtu (26/9).

Menurutnya, sebagai penjabat sementara bupati, ia juga telah mengingatkan mereka untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara di daerah mereka ditugaskan.

“Ketika mereka ditunjuk sebagai bupati selama 71 hari harus tegas. Kasih tahu kalau ada ASN terlibat politik praktis lapor akan kita tindaklanjuti,” tegasnya.

Baca Juga: KPU Aru Tetapkan Dua Paslon di Pilkada 2020

Informasi yang di himpun Siwalimanews di Kantor Gubernur, rencana pengukuhan ketiga penjabat sementara bupati ini akan dilangsung pukul 15.00 WIT di lantai VII Kantor Gubernur Maluku.

Untuk diketahui ketiga bupati di daerah ini digantikan untuk sementara waktu dikarenakan maju sebagai calon bupati  dalam pilkada tahun ini, masing-masing, Bupati SBT Mukti Keliobas, Bupati Aru Johan Gonga serta Bupati MBD Benyamin Noach. (S-39)