AMBON, Siwalimanews – Sejumlah harga komoditi pasar yang menjadi bahan pokok utama kembali stabil.

Setelah sebelumnya mengalami pembengkakan harga pada komoditi cabe dan ikan yang dikarenakan cuaca kini harga kedua komoditi tersebut kembali stabil.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon Janes Apono, kepada Siwalima di Balai Kota Ambon, Jumat (21/8).

Dirinya mengungkapkan harga cabe yang sebelumnya mengalami kenaikan hingga Rp 40.000 per kilo kini telah mengalami penurunan harga hingga Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kilo.

“Ikan juga sekarang sudah stabil yang kemarin 3 ekor ikan layang Rp 20.000 sekarang sudah mulai kembali normal lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Disdik SBT Gelar Dzikir dan Doa Bersama

Diakuinya, bawang merah masih tetap stabil masih berkisar Rp 25.000 hingga Rp 35.000, kemudian untuk hasil pertanian lainnya seperti sayur-mayur juga menurutnya masih tetap stabil.

Selain barang pasar dirinya mengungkapkan untuk buffer stok makanan pokok stabil dapat bertahan tiga sampai dengan Desember. “Buffer stok kita untuk tiga hingga empat bulan itu baik,  pertahanan stok kita cukup baik itu beras, gula, minyak goreng, daging itu semuanya cukup,” terang Apono.

Sementara untuk harga telur di pasaran masih belum stabil dikarenakan penjual yang mengambil dari berbeda distributor namun, untuk persediaannya sendiri tetap mencukupi hingga Desember.

“Ini stok kita cukup di distributor cuma kalau belanja penjualannya sudah sampai ke beberapa tangan di pasar pasti dari satu buah itu kan biasa di pengecer kan untung sampai 100-200 rupiah karena harga telur yang dijual per butir berkisar Rp 1800,” katanya.  (Mg-6)