NAMROLE, Siwalimanews – Harga kebutuhan pokok di Kota Namrole, Kabupaten Buru Selatan kini melonjak drastis.

Pantauan Siwalimanews baik di pasar tradisional Kai Wait maupun pasar modern, harga kebutuhan pokok, mulai mengalami kenaikan, seperti cabai rawit, hingga bawang, serta bahan pangan lainnya.

Di Pasar Kai Wait, harga bawang merah dan putih kini dibandrol para pedagang dengan Rp60 ribu/kilogram.

Taslim pedagang di Pasar Kai Wait yang ditemui Siwalimanews di lapak miliknya, Senin (14/3) mengaku, kenaikan harga bawang ini dipicu karena, harga bawang pada tingkat distributor juga cukup tinggi.

“Bawang merah yang sebelumnya dijual Rp 45 Ribu kini dijual dengan harga Rp60 ribu/kg, sedangkan bawang putih kini kami jual dengan harga Rp50 ribu, dari sebelumnya dijual Rp35 ribu/kg. Bawang-bawang ini kami ambil dari distributor di Ambon,” ucap Taslim.

Baca Juga: Proses Hukum Kasus Kariu Ori Terkendala Alat Bukti

Selain kedua komoditas ini, harga cabai juga masih dijual dengan harga tinggi, mulai dari Rp60 ribu sampai Rp80 ribu itupun tergantung diambil dari mana. Kalau dari unit pasti harga jualnya juga mahal, tapi kalau diambil dari petani lokal seperti dari Waelikut, Sekat dan Waehaka itu harga jualnya murah,” tuturnya.

Senada dengan Taslim, Surni Rentua pedagang Ikan di Pasar Kai Wait mengaku, bahwa kondisi pasar saat ini sangat sepi dari pembeli.

“Ikan banyak masuk, namun kurang pembeli, walaupun sudah dijual dengan harga murah. Perputaran ekonomi tidak jalan maksimal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, harga minyak goreng di Pasar Kai Wait saat ini masih dijual dengan Rp23 ribu hingga Rp24 ribu/liter, meskipun pemerintah pusat telah menetapkan harga nasional untuk minyak goreng per liternya Rp14 ribu. (S-16)