AMBON, Siwalimanews – Ambon telah menjalankan PSBB Transisi tahap VI dan kali ini pengawasan semakin diperketat.

Ada empat aspek yang menjadi perhatian Gustu Kota Ambon yakni menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, sepanjang proses penyelenggaraan PSBB tahap pertama hingga memasuki PSBB transisi tahap VI mengakui kesadaran masyarakat terhadap aspek menggunakan masker sudah sangat baik.

“Jadi sebetulnya ada empat aspek, yakni masker, jarak, cuci tangan dan berkerumun. Nah, untuk masker ini saya lihat dia sudah sangat baik sekali tapi harus selalu diingatkan,”  ungkap walikota, kepada wartawan di Ambon, Selasa (29/9).

Namun, memasuki PSBB Transisi tahap VI ini, kata dia, pihaknya akan lebih memperketat aspek jaga jarak sebab masih ada banyak yang justru tidak melakukan protokol kesehatan tersebut seperti kedapatan angkutan umum yang masih mengangkut lebih. “Yang paling mendominasi yang banyak itu jarak angkutan terutama di kendaraan umum maupun kendaraan pribadi yang muat melebihi kapasitas,” jelasnya.

Baca Juga: Mayjen Marga Taufik Tanam Jagung Bersama Petani Waeperang

Selain untuk cuci tangan sendiri diakuinya, dalam waktu dekat juga pihaknya akan menarik itu tempat-tempat cuci tangan kemudian dialihkan ke lorong-lorong karena kesadaran masyarakat juga sudah sangat baik.

“Hampir rata-rata orang sekarang jalan dengan handsanitizer,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya dalam minggu ini akan melaksanakan pemantuan disejumlah café dan restaurant guna untuk memantau penera­pan protokol kesehatan. “Kita juga akan memberikan perhatian terhadap soal jarak terutama pada restauran dan cafe-cafe dan sebagainya dalam Minggu ini kita akan mengambil operasi untuk itu.” tandasnya. (Mg-6)