AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-76, maka Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III, menggelar upacara di geladak KRI Tarakan-905 yang bersandar di Dermaga Lantamal IX Tawiri, Ambon serta berbagai kegiatan lainya.

Selain upacara Guspurla Koarmada III juga menggelar berbagai kegiatan diantaranya, serbuan vaksin Covid-19 tahap II di Kota Namlea, Kabuptan Buru, syukuran dengan pemotongan tumpeng, ziarah ke taman makam pahlawan, doa bersama bagi para pahlawan dan bakti sosial atau pemberian tali asih bagi warga sekitar yang membutuhkannya.

“Rangkaian kegiatan tersebut merupakan perintah dari Kepala Staf TNI AL,” ucap Komandan Guspurla Koarmada III, Laksamana Retiono Kunto, dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (11/9).

Pada peringatan HUT TNI AL tahun ini, berlangsung dibawah siritan tema Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Baca Juga: Kelompok Cipayung Protes Kenaikan Tarif Angkot

Pada pelaksanaan upacara peringatan HUT, Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Danguspurla pada upacara itu mengatakan, peringatan HUT TNI AL pada setiap 10 September merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI AL kepada bangsa dan negara.

“TNI AL lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan NKRI. Kendati di tahun 2021 ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik,” ujarnya.

Usai upacara, Danguspurla beserta seluruh prajuritnya menuju gedung Mako Guspurla guna melaksanakan rangkaian kegiatan berikutnya, yaitu syukuran dengan pemotongan tumpeng dan bakti sosial pemberian tali asihkepada warga sekitar yang membutuhkannya.

“Saya berharap agar Guspurla Koarmada III kedepan semakin besar, profesional, tangguh dan disegani, selaras dengan tema peringatan HUT TNI AL tahun ini,” harap Danguspurla.

Disaat bersamaan, Guspurla Koarmada III juga menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 tahap II di aula Kantor Bupati Buru. Serbuan vaksin tahap I sendiri telah dilaksanakan pada, Rabu (8/9) di tempat yang sama.

Pada serbuan vaksin tahap II ini, tercatat 76 orang warga Namlea, yang telah tervaksin. Pelaksanaan serbuan vaksin di Pulau Buru ini, secara umum berjalan lancar dan aman, belum ditemukan adanya keluhan dari para warga pasca disuntik vaksin, pada pelaksanaan tahap I dan II. (S-45)