AMBON, Siwalimanews – Tim Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Universitas Kristen Indonesia Maluku (PKMS UKIM) memberikan pelatihan kepada guru-guru di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Ambon.

Pelatihan yang diberikam berupa peningkatkan keterampilan teknologi informasi dan komunikai dalam pengembangan video pembelajaran sekaligus membuat website sekolah.

Ketua Tim PKMS UKIM yang dipimpin Leonardo Petra Refialy dalam rilis yang diterima Siwalima Sabtu (24/9) menjelaskan para guru di SLB perlu memiliki kompetensi dalam mengembangkan media pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dalam hal ini adalah anak-anak berkebutuhan khusus seperti, penggunaan media video sebagai sarana pembelajaran agar dapat meningkatkan efektifitas proses belajar kepada siswa.

“Fakta yang terjadi ialah, para guru di SLB ini dalam melakukan proses belajar mengajar kepada siswa, masih belum meman­faatkan media video pembelaja­ran, sebab masih dilakukan secara verbal dan menggunakan buku teks,” terang Leonardo.

Dengan demikian lanjutnya Tim PKMS UKIM berupaya memberikan satu solusi dengan adanya proses pelatihan dan pendampingan pembuatan video pembelajaran terhadap para guru di lingkungan mitra (SLB Negeri Kota Ambon) untuk setiap jurusan kekhususan (kecuali tuna netra low vission, dikarenakan mempunyai metode khusus dalam proses pembelajaran.

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Tim PKMS UKIM yang dipusatkan di laboratorium komputer SLB Negeri Kota Ambon kata Leonardo diikuti oleh 15 guru di lingkungan SLB.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Sabtu 24 September kemarin mendapat apresiasi dari kepala sekolah maupun dewan guru yang ikut pelatihan itu, sehingga proses pelatihan berjalan dengan sangat baik.

“Hal itu dikarenakan para peserta kegiatan mampu meni­ngkatkan kemampuan serta ketrampilannya dalam pembua­tan video pembelajaran sesuai dengan tercapainya indikator penilaian yang disiapkan oleh Tim PKMS,” tuturnya.

Selain melakukan kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran kepada para guru, Tim PKMS UKIM juga melakukan pembuatan website dan pelatihan terhadap operator TIK sekolah.

“Solusi ini diharapkan tepat sasaran dalam menjawab permasalahan yang dialami SLB Negeri, terlebih dalam perkembangan Iptek yang semakin berkembang ke arah digitalisasi, maka hal tersebut dapat juga turut serta meningkatkan proses pelayanan kepada siswa/siswi, orang tua, dan masyarakat sebagai sarana informasi serta dapat dimanfaatkan sebagai media promosi sekolah,” ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala SLB Negeri Kota Ambon Endah Pertiwi menyampaikan terima kasih kepada tim PKMS UKIM.

“Atas nama sekolah kami mengucapkan terima kasih kepada Tim PKMS UKIM yang telah memberikan atensi dan manfaat yang sangat membantu dalam peningkatan proses pembelajaran maupun pelayanan dalam lingkungan SLB Negeri Kota Ambon,” tandasnya singkat. (S-06)