AMBON, Siwalimanews – Gugus Tugas Pemerintah Kota Ambon dalam waktu dekat akan mengusulan anggaran penanganan covid-19 kepada DPRD Kota Ambon.

Ketua Gugus Tugas Kota Ambon,Syarif Hadler mengungkapkan, kebutuhan anggaran untuk penanganan Covid- 19 sementara dirampungkan, dalam waktu dekat akan diusulkan ke DPRD Kota Ambon untuk dibahas.

“Kita harapkan tiga hari kedepan semuanya sudah rampung, dengan demikian kita baru bisa bicarakan dengan DPRD  untuk persetujuannya,” katanya, namun ia tidak menyebutkan berapa banyak anggaran yang akan diusulkan.

Katanya, pihak gugus tugas baru menyelesaikan rapat terkait anggaran untuk selanjutnya dibicarakan bersama dengan pihak DPRD.

“Anggaran kita belum bicara dengan DPRD ya. Saya baru selesai rapat dengan gugus tugas kota untuk memberikan penekanan kepada dinas terkait, lalu kemudian Pak Kopolresta dan juga pak Dandim termasuk juga tokoh-tokoh agama untuk segera memasukan perencanaan anggarannya, sehingga kita bisa rekap dalam satu perencanaan gugus tugas untuk kita kemudian konsultasikan ke DPRD guna mendapatkan persetujun,” katanya.

Baca Juga: Rumah Pegawai DPRD Ambon Terbakar

Dijelaskan, anggaran dana tersubut akan digunakan untuk membeli perlengkapan medis, serta perlengkapan setiap dinas yang turun langsung ke lapangan. Termasuk persiapan masker kain yang diperuntukkan bagi dinas terkait dan masyarakat Kota Ambon. Karena, masker bedah diperuntukkan bagi medis dan masker kain diperuntukkan bagi masyarakat.

“Anggaran tersebut akan diperuntukan bagi persiapan alat medis seperti APD, obat-obatan, masker bedah yang diperuntukkan bagi tim medis. Kemudian masker kain yang disiapkan bagi Polres, Kodim untuk anggota mereka yang di lapanagan bagi mereka yang belum memiliki, lalu kemudian sisanya itu kita akan bagikan kepada sopir angkot, dan kemudian pedagang yang ada di pasar. Sisanya kita bagikan kelingkungan RT, RW, Lurah, Desa, Negeri yang ada di Kota Ambon, kemudian persiapan obat-obatan dan vitamin bagi Pol PP, lalu kemudian dinas perhubungan serta damkar nah itu kita fasilitasi juga dengan obat-obatan, vitamin yang juga akan di konsumsi setiap hari,” jelasnya. (Mg-6)