PIRU, Siwalimanews – Gubernur Maluku Murad Ismail me­nan­datangani 11 prasasti sekolah baik tingkat SD dan SMP di Kabupaten Se­ram Bagian Barat (SBB), Rabu (221/10).

Selain itu juga gubernur menanda­ta­ngani prasasti pene­gerian SMA LKMD Dusun Olas menjadi SMAN 27 SBB dan meresmikan SMK 2 Taniwel.

Penandatangan prasasti dan pene­gerian sekolah tersebut didampingi oleh Bupati SBB Moh. Yasin Payapo,  yang berlangsung di SMA Negeri  27 SBB Dusun Olas Desa Loky Kecamatan Huamual.

Dalam penandatangan prasasi dan peresmian sekolah serta penegerian se­kolah itu dilakukan saat Gubernur Maluku beserta ibu Widya Pratiwi Murad Ismail dan rombongan  melakukan kunjungan kerja di SBB.

Tak hanya penandatanganan prasasti dan penegerian sekolah, Gubernur dan istrinya didamping Bupati menyerahkan berbagai bantuan antara lain, bantuan kesehatan berupa ventilator satu unit, baju hamsat APD, RDT dan masker, bantuan pangan non tunai berupa sembako kepada 140 KK penerima manfaat di Dusun Olas, bantuan 300 paket sembako kepada 300 pelaku usaha mikro di SBB dan penyerahan pinjaman biaya dana bergulir untuk RM Ken Dedes sebesar 100 juta.

Baca Juga: Dirut Mundur, November Bank Maluku Gelar RUPSLB

Selain itu juga Gubernur menyerah­kan bantuan Kartu Maluku Cerdas dan Beasiswa Miskin, bantuan 20 tempat sampah serta Bantuan Pertanian beru­pa benih jagung 1.005 kg untuk 67 ha, Power Threeser multiguna satu unit, Bibit Pala 9000 anakan untuk 75 ha, linggis dan pacu 75 buah, Pacul 75 buah, Pupuk 1.500 kg. Sedangkan bantuan pembangunan dua rumah ibadah yaitu Masjid dan gereja  masing sebesar 350 juta serta båantuan operasional PAUD.

Gubernur Maluku dalam sambutannya menyampaikan, saat ini sektor pendidi­kan yang paling terdampak Covid-19, sehing­ga sistem pembelajaran dilaku­kan secara online. Untuk pemerintah Pemprov Malu­ku telah menyediakan jaringan internet sebanyak 139 titik di seluruh kabupaten, dengan maksud agar anak-anak bisa melakukan ujian nasional dengan internet, dan tenyata jaringan internet sangat berguna untuk belajar virtual.

“Pemerintah Pemprov Maluku mela­lui Balai Cipta Karya PUPR telah mem­bantu dalam membangun gedung seko­lah tingkat SD dan SMP dengan jumlah nilai anggaran sebanyak Rp.25,5 milyar rupiah, dan direncanakan akan dibantu pembangunan SD dan SMP juga di 2021 dengan anggaran sebesar 32,8 milyar rupiah,” jelasnya.

Bupati Moh. Yasin Payapo dalam sam­butan mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat SBB sangat menyam­paikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini gubernur yang telah memberikan bantuan kepa­da masyarakat SBB.

“Saya sangat apreasiasi dan berte­rima kasih kepada bapak gubernur yang sudah berupaya untuk tingkatkan status SMA LKMD Dusun Olas menjadi SMA Negeri 27 SBB dan peresmian sekolah SMK 2 Taniwel, serat juga memberikan bantuan lainnya yang sudah disele­saikan tahun ini,” ucap Payapo.

Peristiwa ini, kata dia, sangat ber­makna dan berarti di dunia pendidikan khususnya di Bumi Saka Mese Nusa.

“Kunjungan kerja gubernur beserta rombongan ke SBB sungguh membawa berkat dan rahmat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat nanti. Untuk itu doa  masyarakat SBB bagi bapak gubernur dan ibu bersama rombongan untuk selalu sehat walafiat dan diberi kekuatan dan kesehatan serta selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa dan diberi rejeki yang halal,” pintanya. (S-48)