AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku Murad Ismail menyerahkan, satu ekor sapi qurban bantuan dari Presiden Joko Widodo dan satu lagi sapi qurban milik gubernur untuk masyarakat di Maluku yang merayakan Idul Adha.

Sapi qurban milik orang nomor satu di Indonesia itu beratnya 950 kg diserahkan oleh gubernur kepada Imam Masjid Raya Al-Fatah R.R Hasanussi.

Sebelum menyerahkan hewan qurban, gubernur terlebih dahulu menyerahkan dua ekor sapi kepada masyarakat Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.  Satu diantaranya adalah Sapi Ongol berbobot  900 kg.

Penyerahan hewan qurban di Tulehu diterima Raja Negeri Tulehu, Urian Usman Ohorella dan Imam Masjid Abdul Gani Lestaluhu.

Dalam kesempatan itu, gubernur mengatakan, Idul qurban tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumsi, namun mengandung hikmah dan makna solidaritas sesama manusia.

Baca Juga: Airport Security Committe Dobo Perlu Dibentuk

“Daging ini akan dibagikan kepada fakir miskin, dalam artian, sebagai muslim hendaknya memperhatikan kehidupan orang lain di sekitarnya, terutama mereka yang lemah ekonominya,” katanya.

Menurut dia, ibadah qurban itu mendidik setiap umat Muslim untuk mengikis sikap egois lalu memupuk kesetiakawanan antar sesama manusia, meskipun sedang dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Saat ini aktivitas masyarakat dibatasi, termasuk aktivitas men­-cari nafkah yang dapat berdam­pak pada berkurangnya penda­patan masyarakat,” ujarnya.

Melalui ibadah qurban, lanjut dia, keikhlasan manusia diuji kualitasnya. Ujian Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an merupakan pesan yang mengajarkan arti penting menjalankan perintah Allah SWT.

“Semoga momen berkurban kali ini, kita semua menjadi muslim/muslimah yang memiliki kualitas keikhlasan yang baik,” tandasnya.(S-39)