NAMROLE, Siwalimanews – Pemprov Maluku menyalurkan sejumlah bantuan yang diberikan kepada Pemkab Bursel maupun sejumlah yayasan serta tempat ibadah di kabupaten itu.

Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Maluku Murad Ismail kepada para perwakilan penerima saat melakukan tatap muka bersama para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda di Gedung Serbaguna Namrole, Kamis (5/11).

Selain menyerahkan bantuan gubernur juga meresmikan 8 SD di kabupaten itu yang dilakukan secara simbolis dengan menandatangani prasasti peresmian.

Gubernur dalam sambutannya menjelaskan, bantuan pendidikan yang disalurkan saat ini berasal dari APBD Provinsi Maluku.

“Selain itu ada juga bantuan dari DAK bidang pendidikan bagi SMA/SMK di Bursel dengan total nilai Rp 11,6 miliar serta bantuan operasional bagi tiga Paud.  Pemprov juga berikan bantuan kesehatan berupa speed untuk puskemas keliling, mobil promosi kesehatan, alat kesehatan dan APD,” ujar gubernur.

Baca Juga: Gustu Nasional Salurkan Bantuan ke Maluku

Pemprov Maluku juga memberikan bantuan dibidang infrastruktur, antara lain pembangunan jalan, pembangunan sarana dan prasarana air bersih dan sarana pengaman pantai.

Kementerian PUPR melalui Balai Cipta Karya juga membantu membangun dan merehabilitasi sarana pendidikan dasar dan menengah sebanyak 14 unit dengan nilai Rp 29 miliar bahkan di tahun 2021 akan dibangun 6 unit dengan nilai Rp 10,5 miliar serta sejumlah bantuan lainnya.

Selain itu, gubernur juga menyerahkan bantuan pembangunan Masjid Al Muhajirin Pasar Kai Wait dan Gereja gpm Labuang masing-masing Rp 30 juta, yang diterima masing-masing perwakilan.

Sementara bantuan keuangan bersifat khusus untuk pembangunan Masjid Agung Baitul Atiqah Kabupaten Buru Selatan diberikan sebesar Rp 2,5 miliar yang dterima langsung oleh Bupati  Tagop Sudarsono Soulisa.

“Insya Allah di tahun 2021 kita lebih mantapkan lagi masalah bantuan-bantuan untuk Kabupaten Bursel. Saya harus tepati janji sebagai gubernur ke kabupaten/kota yang telah percayakan saya untuk pimpin Maluku 5 tahun kedepan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu gubernur menyampaikan selamat kepada 4 siswa asal Bursel yang mengikuti kegiatan olimpiade tingkat nasional.

Gubernur juga menyempatkan diri memberikan bantuan kepada salah satu dari 4 siswa yang ikut olempiade sebesar Rp 5 juta.

“Saya suka sama orang yang pintar. Buat tiga siswa yang tak hadir saya janji akan berikan bantuan yang sama juga kepada mereka,” tandasnya. (S-35)