AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku Murad Ismail memimpin zaiarah ke pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 di taman makam Pahlawan Kapahaha, Rabu (10/11).

Usai ziara dilanjutkan dengan upcara tabur bunga diatas kapal perang TNI Angkatan Laut yang sejatinya menjadi tradisi yang dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan serta mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan dibuka dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan yang berlokasi di Kapahaha. Hadir dalam kegiatan itu selain gubernur, hadir juga Pangdam Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan, Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri, Irdam Pattimura Brigjen TNI Dwi Darmadi, Kapoksahli Pangdam Pattimura Brigjen TNI Heri Sapari.

Pada hari yang sama ditempat berbeda, kegiatan upacara dan tabur bunga juga berlangsung di dermaga Lantamal IX, Halong.

Dalam kegiatan ini Laksamana Pertama TNI  Ashari Alamsyah, bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan tabur bunga di dermaga, sementara kegiatan diwaktu yang sama juga berlangsung di Makodam Patti­-mura berupa upacara yang di­-pimpin Kasdam Pattimura Brig­-jen TNI Samuel Petrus Hehakaya.

Baca Juga: Pemkab Malteng Diminta Segera Tangani Bencana Gempa

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam sambutannya dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam Pattimura Brigjen Samuel Petrus Hehakaya diminta untuk bersama-sama, bahu membahu dengan ikhlas dan tanggung jawab, atas jasa dan pengorbanan pahlawan serta memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan kemampuan dan profesi masing- masing.

Begitu pula yang harus dilakukan oleh seluruh prajurit TNI maupun PNS yang berada di jajaran Kodam  Pattimura.

“Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita,” tutup Kasdam.

Upacara tabur bunga juga terlihat dilakukan di tengah laut. Dalam hal ini Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes dan Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold Ritiauw.

Meskipun ditengah Pandemi Covid-19, peringatan hari Pah­-lawan tahun 2021 yang bertema “Pahlawanku Inspirasiku”  digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan. (S-45)