PIRU, Siwalimanews – Gubernur Maluku, Murad Ismail berjanji dalam waktu dekat Jembatan Waikaka, Dusun Tala, Kecamatan Ama­latu, Kabupaten SBB yang rusak, akibat luapan sungai Waikaka segera di­ba­ngun dalam tahun ini.

“Jembatan tersebut harus secepatnya dibangun, ka­rena merupakan akses jalan utama yang menghubung­kan tiga kabupaten yakni Kabupaten SBB, Kabu­paten Malteng dan SBT,” ungkap Gubernur kepada wartawan, Rabu (12/8) di Piru ibukota SBB.

Gubernur mengaku, konstruksi bangunan jembatan itu telah dipe­san Balai Jalan dan Jembatan. Dan pesanan kontruksinya itu selama tiga bulan baru sampai dan langsung dibangun.

Disisi lain pembangunan jemba­tan juga dipengaruhi curah hujan yang tinggi. Jika saja tidak ada musim penghujan, jembatan tersebut sudah selesai dibangun. “Sebenarnya ti­dak ada rencana kunjungan resmi ke SBB, tapi saya cuman pingin untuk melihat kondisi jembatan tersebut, karena kemarin-kemarin saat kunju­ngan Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo ke Maluku, beliau mengatakan kepada saya apabilah air sungai Waikaka tidak banjir lagi maka jembatan akan segerah dibangun,” jelasnya.

Gubernur menghimbau kepada masyarakat di tiga kabupaten yakni SBB, SBT dan Malteng untuk sementara kendaraan roda empat dan roda enam atau mobi dengan kapasitas muatan ribuan kilogram atau mencapai ton jangan melewati Jembatan Tala dulu.

Baca Juga: Menko Maritim Kirim Tim Lihat Kesiapan LIN di Maluku

“Mobil dengan kapasitas muatan ribuan kilogram atau ton jangan dulu melewati jembatan Tala, karena jembatan itu akan kita bangun. Untuk menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut butuh beberapa bulan kedepan. Tetapi yang jelas perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR  harus kita angkat jempol dan berikan apre­siasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kunjungan Gu­bernur Maluku ke SBB dalam rangka melihat secara langsung kondisi Jembatan Tala didampingi Bupati Moh. Yasin Payapo, Sekretaris Daerah Kabupaten SBB, Mansur Tuharea, Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku M. Marasabessy, Kepala BPJN Maluku Jon Sudirman Damanik. Kemudian ada Kepala Pengadilan Negeri Dataran Huni­popu Johanis Dairo Malo,  Dandim 1502/Masohi Letkol Inf. Nunung Wahyu Nug­-roho, Pabung Kodim Persiapan SBB Mayor Inf. D.Mado, Kapolres SBB AKBP Bayu Tarida Butar Butar dan pimpinan OPD di lingkup Pemkab SBB. (S-48)