Gubernur: Gunakan Anggaran untuk Rakyat

AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku, Murad Ismail menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan rincian alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2020 kepada pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, dan satuan kerja yang ada di Maluku, Senin (2/12), di Lantai V Gedung Ke­uangan Negara Ambon

Ia mengingatkan agar anggaran tersebut digunakan untuk kepentingan rakyat.

DIPA Maluku tahun 2020 sebesar Rp13.307.663.932 atau naik 3 persen dari tahun 2019 lalu sebesar Rp.12.941.825.267. Sedangkan alokasi transfer daerah dan dana desa (DD) tahun 2020 sebesar  Rp.13.307.663.932.000.

Penyerakan DIPA awalnya dise­rahkan oleh gubernur kepada  ke­pala-kepala satker di Maluku, yaitu Kejati Maluku, Kodam XVI Patti­mura, Polda Maluku, SNVT Pelaksa­na Jaringan Sumber Daya Air, Dinas Kesehatan Maluku, Dinas Pertanian Maluku, Univesitas Pattimura, Kanwil Bea dan Cukai Maluku, Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai Ambon, Polresta Pulau Ambon dan BPK Perwakilan Provinsi Maluku.

Setelah itu gubernur menyerahkan DIPA dan TKDD kepada bupati dan walikota di Maluku.

Dalam sambutan gubernur meng­ingatkan  kepada kepala daerah dan juga kepala satker untuk dapat meng­gunakan anggaran ini dengan baik.

“Saya berharap kepada seluruh kepala daerah dan pimpinan santuan kerja di daerah untuk merealisasikan anggaran  sesuai perencanaan serta melaksanakan kegiatan secara efek­tif dan efisien yang nantinya dapat dilihat dari membaiknya beberapa indikator kesejahteraan seperti da­pat menurunkan angka kemiskinan dan angka penganggur­an sehingga arah bapak presiden dapat kita wujudnyatakan,” tandas­nya.

Terkait dengan penggunaan DD, dirinya juga berpesan kepada ke­pala-kepala daerah untuk tidak main-main dengan DD.

“Sebagai kepala daerah saya ingatkan bupati dan walikota untuk tidak main-main dengan DD apalagi potong, serahkan utuh ke desa dan kepala desa juga jangan habis teri­ma langsung bangun rumah, akan kita awasi betul,” tegas gubernur.

Sementara Plt Kanwil Perbenda­haraan Negara Maluku Tri Budhian­to  mengatakan, nilai pagu anggaran belanja negara tahun anggaran 2020 di Provinsi Maluku mencapai Rp 21,83 triliun, dengan perincian; alo­kasi belanja satuan kerja kemen­terian/lembaga sebesar Rp8,53 triliun atau naik 9,8 %, dibandingkan tahun 2019.

“Alokasi tersebut terbagi atas jenis belanja pegawai sebesar Rp3,05 triliun, belanja barang Rp3,05 triliun, belanja modal Rp2,4 triliun, dan belanja bantuan sosial sebesar Rp16.69 miliar,” terang Budhianto.

Dana belanja kementerian/lem­baga tersebut terbagi dalam 429 DIPA yang nantinya akan disalur­kan melalui empat Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN, yaitu KPPN Ambon. KPPN Masohi, KPPN Tual dan KPPN Saumlaki.

Belanja tersebut diprioritaskan untuk melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan dan melaksa­nakan program pembangunan se­bagaimana tertuang dalam RKP, yang utamanya untuk pembangunan SDM, penyelesaian infrastruktur dalam rangka memacu investasi, dan perlindungan sosial.

“Rincian transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp.13,3 triliun, meningkat 27 % dibanding tahun 2019. Alokasi ini terbagi atas transfer ke daerah sebesar Rp12,14 triliun dan dana desa sebesar Rp1,159 triliun,” jelasnya.

Anggaran tersebut, kata dia, diarahkan untuk meningkatkan jumlah dan mutu layanan publik di daerah, menciptakan kesempatan kerja, mengentaskan kemiskinan. dan mengurangi ketimpangan antar daerah.

DIPA dan TKDD diterima oleh penjabat Sekda Maluku Kasrul Selang, Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun, Bupati MBD Benyamin Noach, Bupati Buru Selatan Tagop Soulisa, Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal, Bupati SBB Yasin Payapo, Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, Walikota Tual Usman Tamnge, Wakil Bupati Buru Amos Tofa Besan, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler. Sedangkan untuk Kabupaten SBT dan KKT diwakilkan kepada asisten.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa, Kakanwil Bea dan Cukai Maluku Erwin Situmo­rang, Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama Budi Purwanto juga hadir menerima DIPA. (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *