AMBON, Siwalimanews – DPP Partai Gerindra secara resmi telah mendukung pasa­ngan Nikolas Kilikily yang berpa­sangan dengan Desianus Orno untuk ber­tarung di pilkada se­rentak Kabu­paten Maluku Barat Daya (MBD) 9 Desember menda­tang.

Langkah Partai Gerindra ini me­ngikuti Partai Golkar yang se­belumnya telah memberikan du­kungan kepada pasangan Niko­las Kilikily dan Desianus Orno. Ketua DPD Partai Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa kepada Siwa­lima, Senin (31/8) membenar­kan perihal mengusung pasangan tersebut.

Menurutnya, penyerahan reko­men­dasi dari DPP Partai Gerindra kepada pasangan calon tidak dila­kukan secara seremonial  melain­kan hanya dilakukan secara informal, sebab rekomendasi telah diberikan sebelumnya.

Tetapi, kata Lewerissa terjadinya perubahan dalam rangka merevisi bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi Nikolas Kilikily, sehingga dilakukan koreksi admi­nistrasi oleh DPP.

“Rekomendasinya sudah dise­rahkan ke Pak Niko waktu itu, tapi kan yang terjadi koreski admini­strasi karena ada revisi  terhadap posisi wakil yang mendampingi Pak Niko,” ujarnya.

Baca Juga: KPU Bursel Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Balon

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Partai Gerindra Maluku, Melkianus Sair­dekut mengatakan penyerahan rekomendasi dari DPP kepada pasangan calon secara langsung berkaitan dengan batas waktu pendaftaran yang semakin dekat.

Menurutnya, kerja partai yang dilakukan saat ini lebih difokus­kan pada memastikan semua pasangan calon teregistrasi pada KPU masing-masing kabupaten, sehingg setelah pendaftaran baru akan dibicarakan pada tingkat koalisi baik dilevel provinsi maupun kabupaten.

“Soal kesiapan untuk kolaborasi itu nanti dilakukan, yang penting sekarang para kandidat menyelesaikan proses pendaftaran setelah selesai baru dipikirkan untuk kerja partai,” ujarnya.

Sairdekut juga optimis akan memenangi pilkada, sebab koalisi Golkar dan Gerindra untuk pilkada MBD dari sisi formasi, koalisi partai ini telah mengusung pasangan terbaik dan akan diterima oleh masyarakat MBD. (Cr-2)