AMBON, Siwalimanews – Gempa dengan magnitudo 5,1 sakla richter mengguncang Kota Bula, Kabutan Seram Bagian Timur. Gempa yang juga dirasakan sampai ke daerah Kobisonta Kabupaten Maluku Tengah ini, tidak berpotensi tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika pada laman resmi twitternya infobmkgmaluku, tertulis dengan dengan maginitudo 5,1 SR ini terjadi pada, Senin (17/10) sekitar pukul 17:13:49 WIT.

Sementara pusat gempa berada pada 3,01 Lintang Selatan – 130.57 Bujur timur atau 14 kilo meter timur laut Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, 78 kilo meter timur Kobisonta, Kabupaten Maluku Tengah dengan kedalaman 10 kilo meter.

“Sampai dengan berita ini dipublikasikan belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut,” tulis pihak BMKG.

Walaupun demikian, pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta agar menghindari bangunan yang retak atau rusak dikarenakan gempa.

Baca Juga: APBDP 2022 Kota Ambon Naik 3,80 Persen

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah,” himbau pihak BMKG. (S-06)