AMBON, Siwalimanews – Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,6 skala richter mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, pada Kamis (29/10) sekitar pukul 05:54:48 WIT.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, menunjukan episenter gempa terletak pada koordinat 4.29 lintang selatan dan 128.2 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut 66 km Selatan Ambon pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar di dasar laut,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Ambon

Sunardi dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwlaimanews, Kamis (29/10)

Menurutnya, dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat diraakan di Ambon II MMI, dimana pada daerah tersebut, guncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang.

Baca Juga: BMKG Serukan Waspada Fenomena La Nina

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa ini juga tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 07.30 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” ujarnya.

Walaupun demikian, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

“Selain itu, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ucapnya. (Mg-5)