AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi, Kli­ma­­tologi dan Geofisika (B­M­­KG), Stasiun Maritim Ambon mengeluarkan peringa­tan dini gelombang tinggi yang akan terjadi 2 April hingga 3 April.

Kepala Stasiun Meteorologi Ma­ritim Ambon, Ashar dalam rilisnya kepada Siwalima, Kamis (2/4), men­jelaskan, tinggi gelombang setinggi 1,23 meter sampai 2,50 meter akan berpeluang terjadi di beberapa per­airan laut yaitu Laut Seram,Perairan Buru, Perairan Ambon-Lease.

Hal serupa juga akan berpeluang ter­jadi di Perairan Selatan Seram, Laut Banda Utrara,dan Perairan Kepulauan Kei hingga Kepulauan Aru.

Kemudian, adanya pola angin wilayah Indonesia bagian utara ,umumnya dari utara-timur dengan kecepatan 5-20 Knot sedangkan di wilayah Selatan Indonesia dari Barat daya dan Barat laut. Dengan kecepatan 5-25 knot.

BMKG menghimbau masyarakat untuk sangat memperhatikan resiko pelayaran, perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry hingga kapal ukuran besar seperti kapal kargo/ kapal pesiar yang akan terjadi pada beberapa wilayah tersebut.

Baca Juga: Korupsi USB SMAN 2 Serut Naik Penyidikan

“Untuk para nelayan harap mem­perhatikan kecepatan angin dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang di atas 1,5 meter. Kapal Ferry di atas 2,5 meter dan ka­pal berukuran besar seperti kapal kar­go  di atas 4 meter,” urainya. (Mg-5)