AMBON, Siwalimanews – DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Ambon siap menggelar suksesi kepemimpinan, pasca berakhirnya periodesasi 2019-2022 melalui Konferensi Cabang IV yang akan digelar 24-25 Juni 2022 di Hotel Tirta Kencana, Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Ketua DPC GAMKI Kota Ambon Baretha Meisar Titioka menjelaskan, momen Konferensi Cabang IV merupakan lembaga legislatif organisasi bertujuan mendengar LPJ DPC GAMKI Kota Ambon dan adanya pandangan umum DPAC, tetapi juga untuk menetapkan garis-garis besar pokok program dan kebijakan umum organisasi (GBPKUO) tiga tahun kedepan serta akan memilih Ketua dan Sekretaris DPC periode 2022-2025.

Dalam kaitan dengan suksesi kepemimpinan, sejauh ini telah ada beberapa calon yang terkonfirmasi akan mengambil bagian dalam forum legitimasi tertinggi berdasarkan konstitusi GAMKI.

Keempat calon yang terkonfirmasi siap bertarung sesuai dengan hasil rapat pleno dan penyampaian langsung yakni, Mayos Picanussa, Eliza de Lima, Michael Adam dan Bernaldo Louhenapessy, sedangkan calon sekretaris yakni Yansen Hehanussa yang baru terkonfirmasi.

“Soal suksesi yang pasti DPC GAMKI Kota Ambon membuka ruang yang begitu luas kepada semua kader yang ingin mengabdi dengan tulus hati artinya kita tidak membatasi orang untuk mencalonkan diri, kalau sesuai dengan syarat maka silahkan mengikuti mekanisme pemilihan,” ungkap Titioka.

Baca Juga: Harga Bawang Merah dan Cabe Meroket

Lanjutnya, konferda IV ini akan dirangkai dengan pelantikan Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) GAMKI se-Kota Ambon yang telah terpilih dalam Musyawarah DPAC beberapa waktu lalu.

DPAC yang akan dilantik masing-masing, DPAC Kecamatan Leitimur Selatan, dibawah pimpinan Claudya Parera, DPAC Kecamatan Baguala dipimpin Milton Kaya, DPAC Kecamatan Teluk Ambon dipimpin Hendri Risamena, DPAC Kecamatan Nusaniwe dipimpin Ardy Manuputty dan DPAC Kecamatan Sirimau dipimpin oleh Rolly Andre Matitakapa.

Sementara itu, Ketua Panitia Konfercab IV DPC GAMKI Kota Ambon, Mayos Picanussa menambahkan, sebelum masuki Konfercab, akan lebih dulu dilakukan study meeting dengan tema “Meneguhkan Ideologi Nasionalisme Ditengah Tantangan Globalisasi”, dengan menghadirkan anggota DPR-RI dapil Maluku Mercy Ch Barends dan Wakil Dekan III FISIP Unpatti Paulus Koritelu sebagai pembicara.

“Harapannya lewat study meeting ini, kader GAMKI Kota Ambon dikuatkan pemahaman dan makin teguh jiwa nasionalismenya dalam menghadapi tantangan globalisasi, yang kemudian bisa dielaborasi lewat program kerja kedepan,” ujar Picanussa.

Picanussa memastikan, seluruh kesiapan telah mencapai 95 persen untuk menggelar Konfercab, pelantikan DPAC maupun study meeting, berkat dukungan berbagai pihak.(S-20)