AMBON, Siwalimanews – Setelah sebelumnya, Satuan Brimob Polda Maluku melakukan sterilisasi di beberapa tempat di Kota Ambon dan sekitarnya, kini anggota Brimob menghujani kawasan Desa Galala dan Hative Kecil di Kecamatan Sirimau dengan disinfektan, Sabtu (19/12).

Pada kawasan ini, Brimob Maluku mengerahkan personil Kimia Biologi Radioaktif Detasemen Gegana Satuan yang dipimpin Ipda A Manullang. Selain penyemprotan para personel juga memberikan sosialisasi terkait protap kesehatan yang harus diikuti warga guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sasaran penyemprotan kali ini, Dermaga Ferry Galala yang merupakan akses penyeberangan dari Ambon ke Namlea, kawasan pertokoan, pemukiman warga Galala dan Hative Kecil, Jembatan Penyeberangan Orang serta sejumlah fasilitas umum lainnya,” ujar Dansat Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur.

Dijelaskan, penyemprotan desinfektan yang dilakukan personel Brimob ini tetap akan dilaksanakan setiap hari selama pandemi, namun ditempat yang berbeda-beda.

Baca Juga: Brimob Maluku Cegah Penyebaran Klaster Baru Covid-19

“Kali ini kita lakukan di Galala dan Hative Kecil demi memutus mata rantai penyebaran virus ini, mengingat sudah ada warga yang positif di daerah tersebut,” ujar Dansat.

Kegiatan ini kata Dansat, tidak lain sebagai Bhakti Brimob untuk Indonesia dalam rangka bersama memutus mata rantai Covid-19 di Kota Ambon serta memasuki adaptasi kebiasaan baru.

Penyemprotan dan penyampaian himbauan ini dapat meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid di Kota Ambon menuju adaptasi kebiasaan baru.

“Usai laksanakan penyemprotan, para personel melaksanakan dekontaminasi mandiri demi membunuh virus pada baju APD yang dikenakan selanjutnya kembali ke Makoden Gegana Satbrimob Polda Maluku guna melaksanakan penyemprotan desinfektan di tempat yang lain pada besoknya,” tandas Dansat. (S-45)