AMBON, Siwalimanews – Empat bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah optimis, akan lolos ta­hapan pemeriksan kesehatan. yang dilakukan 12 tim dokter di RSUD dr M Haulussy.

Optimistis empat bapaslon ini di­sampaikan, setelah mengikuti proses pemeriksaan yang dilakukan dari pukul 08.00 sampai 17.39 WIT.

Keempat bakal pasangan calon yaitu, Safitri Malik Soulissa-Gerson Selsily (Bursel), Johan Gonga  Muin Solgarei (Aru), Nikolas Kilikily–Desianus Orno (MBD) dan Timotius Keidal – La Gani Karnaka.

Pantauan Siwalima, bapaslon yang lebih dahulu keluar dari ruang pemeriksaan yaitu Safitri Malik Soulissa-Gerson Selsily.

Kepada wartawan, Selsily menga­takan jika semua proses pemeriksan kesehatan untuk tahap I telah dila­lui/ dia optimis hasil pemeriksaan akan baik sehingga keduanya akan lolos tes kesehatan.

Baca Juga: Musda Golkar Kota Tunda Lagi  

“Kami yakin sungguh hasil pemeriksaan semuannya baik-baik dan siap masuk kegelaggang pilkada 2020,” ungkapnya.

Ditanya soal jenis pemerik­saan, Selsily merincikan, pemer­ik­saan tahap I tim dokter hanya berkaitan dengan darah, rapid tes, pengambilan urine untuk tes narkoba, psikologi tes dan wawancara.

Soal hasil, Selsily menyerah­kan semuanya kepada tim pemeriksa kesehatan RSUD Haulussy.

“Nanti dikonfirmasi ke pihak rumah sakit saja kalau soal hasil,” cetusnya.

Tak lama berselang, bapaslon Johan Gonga–Muin Solgarei keluar dari ruang pemeriksaan dan optimis akan lolos tahap pemeriksaan kesehatan.

“Soal optimis, sudah pasti kami optimis lolos tes kesehatan karena tadi saat USG dokter sudah sampaikan semuanya baik-baik saja,” ujar Gonga.

Menurutnya, untuk jenis pemeriksaan yang dijalani hanya berputar pada tes sepat molekuler (TCM) yang hasilnya non reaktif, MMPI, rosnen, USG dan pengambilan darah dan urine serta tes psikologi.

“Pemeriksaan dimulai dengan TCM non reaktif, karena non reaktif maka semua lanjut  sampai dengan psiko tes, MMPI ronsen dan USG, darah, urine dan psikologi,” terangnya.

Tahap Awal

Selain Safitri-Selisih,  bapaslon Nikolas Kilikily dan Desianus Orno.menjalani pemeriksaan tahap awal.

Menurut Kilikily proses pemeriksaan yang telah dijalani hanya berkaitan dengan rapid tes, psikotes, darah dan wawancara. Semuanya dalam keadaan sehatan, sehingga optimis akan lolos tahapan pemeriksaan kesehatan.

“Jadi tadi rapid tes, psikotes, darah,  wawancara dan semuanya dalam keadaan sehat dan kita optimis akan lolos,” tegasnya.

Sementara itu, bapaslon Timotius Keidal dan La Gani Karnaka menjalani tes kesehatan terakhir.

Saat keluar ruangan pemeriksaan, Timo sapaan Timotius Keidal mengatakan, bahwa keduannya telah menjalani pemeriksaan seputar tes psikolgi, THT, gigi, telinga dan narkoba sedangkan untuk hari ini akan dilanjutkan dengan jantung dan mata.

“Tadi kami lakukan tes psikolgi, dalam THT gigi, telinga, narkoba dan mungkin besok baru lanjut dengan jantung dan mata,” ujarnya.

Saat ditanya optimis akan lolos tes kesehatan, Timo menegasan sangat optmis lolos tahap kesehatan dan siap untuk bertarung dalam pilkada serentak  9 Desember mendatang..(Cr-2)