AMBON, Siwalimanews – Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Jonathan Austin mengaku,  siap mensupport Maluku dengan energi terbarukan.

“Kami kesini karena ingin memberikan akses dan support untuk energi terbarukan bagi Kota Ambon dan di Maluku,” ungkap Dubes Austin saat bertemu Gubernur Maluku di kediaman Gubernur dalam jamuan makan malam, Kamis (27/2).

Dubes Selandia Baru  didampingi Deputi bidang Pendanaan Pembangunan- Bappenas Leonard. V.H Tampubolon, Direktur Pendanaan Luar Negeri Bilateral-Bappenas Kurniawan Ariadi, Direktur Energi, Telekomunikasi dan Informatika Rachmat Mandiana MA, Direktur EBT ESDM Harris , General Manager of Maluku and North Maluku Region, Emman prijono pujianto dan Indra Wahyudy.

Indonesia, kata Austin adalah negara terdekat Selandia Baru.

“Kita (Selandia Baru) adalah teman baik Indonesia sehingga ada baiknya kita perkuat kembali pertemanan kita dengan kerjasama yang baik,” ujar Austin.

Baca Juga: Satlinmas Peroleh Teknik Pencegahan Kejahatan

Oleh karena itu, kata Austin, Indonesia merupakan negara terbesar yang mendapatkan support melalui program yang ada di negaranya dibandingkan negara- negara lainnya.

“Saya mengingat apa yang bapak gubernur sampaikan bahwa masih banyak hal yang terkendala disini. Oleh karena itu, kawasan Indonesia Timur termasuk Maluku merupakan fokus dari program kami, dan kami berusaha untuk mensupport, membantu Maluku,” ujarnya.

Austin mengaku, memang salah satu keahlian negara Selandia Baru adalah di bidang energi dan sumber daya mineral, sehingga pihaknya sangat memberikan supoprt .

Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan, sebelumnya Pemerintah Provinsi Maluku pada 25 Jamuari 2019 lalu, bersama dengan Yayasan Mercy Corps telah melaksanakan kesepakatan bersama tentang akses Selandia Baru-Maluku untuk dukungan energi terbarukan atau New Zealand-Maluku Access to Renewable Energy Support yang bertujuan untuk mempercepat pengembangan sumber- sumber energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi di Maluku.

“Kami berharap tindak lanjut dan kesepakatan bersama ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan dibidang energi dan sumber daya mineral,” harap gubernur. (S-39)