NAMROLE, Siwalimanews – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Virus Corona Kabupaten Buru Selatan resmi menetapkan dua warga Namrole menyandang status sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Kita di Bursel sudah dua ODP, yang satu sudah berangsur-angsur membaik dan yang satu lagi kita lihat keadaanya seperti apa nanti akan kita informasikan. Tunggu sampai 14 hari, karena masa inkubasinya 14 hari. Seandainya sampai 14 hari gejalanya itu membaik berarti ada kemungkinan dia tidak terkena virus corona hanya influensa biasa saja,” ungkap Kadis Kesehatan Bursel, Ibrahim Banda kepada wartawan melalui telepon selulernya, Jumat (27/3).

Untuk ODP kata dia, yang baru ditemukan adalah warga yang baru tiba dari Kota Ambon, dan dikethaui memiliki gejala-gejala ke arah covid-19 setelah tadi malam yang bersangkutan memeriksakan diri ke RSUD Namrole setalah merasa sakit tenggorokan dan gejala-gejala lainnya.

“Ada orang yang kami masukan dalam pemantauan karena dia baru dari Ambon yang bersangkutan dia salah satu pegawai kantor dan berdomisili di salah satu desa pada Kecamatan Namrole,” ucap Banda.

Menurut Banda, orang ini diperiksa di RSUD Namrole karena mengalami batuk, flu dan suhu badan naik, dan untuk mengantisipasinya, yang bersangkutan dikelompokan sebagai ODP dan menjalani isolasi mandiri (isolasi di rumah).

Baca Juga: Peluang Sadli Ie Kembali Diperiksa Masih Terbuka

“Kita kasih masuk dalam kelompok ODP, supaya kita bisa intens melihat dia jangan sampai kita anggap itu biasa-biasa padahal  dia sudah ODP. Lebih baik statusnya di kasih ODP saja supaya kita serius menanganinya. Sementara, yang bersangkutan isolasi mandiri di rumah dan sekarang sudah hari ke lima. Kita tunggu lagi sampai hari ke 14 gejalanya nanti seperti apa,” tuturnya.

Sedangkan salah satu warga lagi dikategorikan ODP oleh pihak rumah sakit kini kondisinya sudah berangsur-angsur membaik dan yang bersangkutan kemungkinan hanya flu biasa.

“Kemarin yang divonis RSUD itu sudah berangsur-angsur membaik nanti setelah 14 hari ditentukan apa dia sudah aman  atau belum. Pokoknya kita lihat setelah 14 hari itu, sedangkan yang baru kita temukan tadi malam dan dari hasil konfirmasi dia punya gejala-gejala ke situ, jadi kita isolasikan mandiri di rumah,” ucapnya. (S-35)