AMBON, Siwalimanews – Intervensi Gubernur Maluku Murad Ismail pada dunia perguruan tinggi kembali terulang.

Kali ini rekomendasi dukungan Murad diberikan kepada Victor Cornelis untuk dipilih sebagai Direktur Poltek Ambon.

Rekomendasi orang nomor satu di Maluku itu dikirim kepada Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Sebelumnya juga Gubernur Maluku Murad Ismail pernah melakukan hal yang sama pada pemilihan Rektor UKIM, dimana rekomendasinya kepada Yayasan Pendidikan GPM dan Sinode GPM untuk mendukung Yosephus Noya sebagai Rektor UKIM juga gagal.

Rekomendasi Murad untuk pemilihan Direktur Poltek Ambon yang berlangsung, Jumat (13/5) di kampus Poltek itu terbukti tidak ampuh, sebab jagoanya Murad harus kandas dan justru Dady Mairuhu terpilih kembali menjadi Direktur Poltek Ambon.

Baca Juga: Komisi II Gelar Rapat dengar Pendapat dengan Pertamina

Dari Total 33 suara dalam pemilihan yang dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai penerima kuasa, Mairuhu yang juga calon petahana berhasil meraih 20 suara, sementara jagoannya Murad Ismail hanya memperoleh 6 suara, begitupun Menny Huliselan juga meraih 6 suara, sedangkan 1 suara lagi abstain.

“Ia benar pak Dady Mairuhu terpilih lagi untuk jabat Direktur Poltek Ambon periode 2022-2026,” ungkap Sekretaris Panitia Pemilihan Direktur Poltek Negeri Ambon Cley Talakua kepada Siwalimanews.

Untuk diketahui, surat rekomendasi Gubernur Maluku Murad Ismail dengan Nomor 420/1036 tertanggal 7 April 2022 yang bersifat penting, dengan perihal rekomendasi dukungan ditujukan kepada Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Cq Dirjen Vokasi terkait pemilihan Direktur Politeknik Negeri Ambon.

Dalam rekomendasi dukungan itu Gubernur memberikan dukungan kepada Viktor Cornelis sebagai calon Direktur Poltek Ambon periode 2022-2026, dikeranakan yang bersangkutan telah menunjukan kinerja terbaik selama ini, terutama mampu membangun komunikasi, kordinasi dan kolaborasi dengan pemda dalam penyelenggaraan pembangunan bidang pendidikan di Maluku.(S-05)