AMBON, Siwalimanews – Dinas Pandidikan dan Kebudayaan Maluku mendadak menghapus nama Nimrot Faifet sebagai Kepala UPTD Dinas PK di Kabupaten Kepulaan Aru, dua jam sebelum diri dilantik oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, 26 Februari lalu di Gedung Islamic Center bersama pejabat administrasi dan pengawas di lingkup Pemprov Maluku.

Ternyata, nama Kepala UPTD yang telah diganti oleh Ruben Sairdekut, yang sebelumnya merupakan Plt Kepala UPTD padahal SK pengangkatan dengan Nomor 005/76 yang ditandatangani oleh Sekda Maluku Kasrul Selang tertanggal 25 Februari ini atas nama Nimrot Faifet dan berada di nomor urut pelantikan ke-23.

Sebelum menghadiri acara pelantikan, pada tanggal 25 Februari, Nimrot mendapat kepastian kalau dirinya dilantik dari Kabid SMA Dinas PK Maluku, Sirhan Jul Chaidir untuk segera ke Ambon karena akan dilantik.

“Jadi sebelum menghadiri pelantikan saya di telepon oleh kabid SMA  pada tanggal 25 Februari dan harus segera ke Ambon karena akan dilantik pada 26 Februari,” kata  Nimrot kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, kemarin.

Menurutnya, ketika sampai di Ambon pada tanggal 26 Februari pada pukul 13.00 WIT dan dalam perjalanan menuju ke Kantor Dinas PK Maluku, Nimrot menghubungi Sekretaris Dinas PK Maluku, Hussein via telepon selulernya.

Ternyata ketika melapor, jawaban Sekretaris Dinas PK bahwa dirinya sudah diganti dengan orang lain dua jam yang lalu.

Dalam perjalanan menuju Kota Ambon dengan mengunakan mobil pangkalan, ia kemudian menghubungi Kepala Bidang SMA untuk menanyakan kepastian pelantikan dimaksud, dalam percakapan dirinya diarahkan untuk menghubungi Sekretaris Dinas PK Maluku untuk mendengar langsung kepastian pelantikan.

Ternyata dalam percakapan, namanya telah diganti dengan Ruben Sairdekut dengan alasan keterlambatan dan karena desakan dari atasan.

“Pelantikan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIT dan ketika tiba di Ambon saya masih punya waktu selisih 2 jam untuk bisa menghadiri pelantikan. Tetapi nama saya sudah diganti Ruben Sairdekut,” ujarnya, dengan nada kesal.

Tidak puas dirinya langsung menuju ke kantor Dinas PK dan ingin mendengar langsung alasan dirinya diganti dengan Ruben Sairdekut  ke sekretaris.

“Ketika bertemu, ternyata nama saya sudah diganti dua jam yang lalu atas perintah atasan,” tegasnya.

Tidak puas, ia kemudian membawa SK pelantikan atas nama dirinya itu untuk melaporkan ke Sekda Maluku Kasrul Selang di ruang kerjanya, Kamis (12/3).

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Maluku, Insune Sengadji  mengaku sudah bertemu langsung dengan Nimrot Faifet.

“Saya sudah bertemu dengan yang bersangkutan dan masalah ini nanti kita akan bahas lagi, itu aja yang bisa saya sampaikan karena  kita sedang konsentrasi di pelaksanaan UNBK,” ujarnya, kepada wartawan, usai memberikan keterangan pers tentang pelaksanana UNBK bagi siswa SMK di Maluku di kantornya, Jumat (13/3). (S-39)