SETELAH tiga kali menjadi nominasi serta juara pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards sejak tahun 2019 hingga 2022, kini Kabupaten Maluku Barat Daya mempromosikan dua potensi wisata untuk disertakan dalam ajang API Awards Tahun 2023.

Pulau Meatimarang masuk pada kategori Surga Tersembunyi dan Taman Meditasi Kukmomor Kisar pada kategori Dataran Tertinggi Terindah.

Bupati Maluku Barat Daya, Be­nyamin Th. Noach,  mengatakan dua potensi wisata yang diusulkan API Award Tahun 2023 ini lolos dan masuk nominasi bersama 178 nominasi lainnya yang tersedia di Indonesia.

“Telah terpilih 180 nominasi API Award Ke-8 tahun 2023 ini dan didalamnya ada dua nominasi yang diusulkan Pemkab. MBD yakni Pulau Meatimarang dan Taman Me­ditasi Kukmomor Kisar,” ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan, Pulau Meati­marang merupakan pulau kecil yang berdekatan dengan Pulau Luang yang merupakan daerah perbatasan laut Indonesia dan Laut Australia. Sedangkan Taman Meditasi berbukit tinggi dengan lokasi yang lapang dan memiliki latar pemandangan pulau Negara Timor leste, terletak di Kecamatan Kisar Selatan. Oleh masyarakat setempat bukit tersebut diberi nama Bukit Meditasi, karena lokasi ini sering dijadikan tempat untuk bermeditasi.

Baca Juga: Pemkab Gelar Upacara Harlah Pancasila

Dikatakan, dengan masuk dalam nominasi API Award, maka semua pihak harus bersatu dan memberi­kan dukungan bagi pengembangan kedua destinasi wisata ini. Perlu ada langkah konkrit dari pemerintah dan masyarakat agar pengembangan lokasi ini layak dijadikan destinasi wisata.

“Kita semua harus memberikan dukungan terutama pemerintah desa dan masyarakat. Kita belajar dari Welora, Ilmarang dan Syota, di sana semua pihak saling mendukung dan bahu membahu. Itu juga yang harus kita terapkan,” jelas Bupati.

Bupati berharap, penyediaan dan perbaikan sarana prasarana pendu­kung sudah harus dilaksanakan secepatnya dan masyarakat sudah dapat memberikan dukungan melalui sms dan voting melalui akun media sosial yang tersedia.

“Mari kita semua baik yang ada di MBD maupun di luar MBD, berikan dukungan kita dengan mengirimkan SMS, ketik API 10J untuk Taman Meditasi dan API 18H untuk Pulau Meatimarang, kirim ke 99386. Selain itu, dukungan dapat diberikan melalui akun IG @ayojalanjalan indonesia, Youtube Channel API award dengan cara subscribe, like, comment dan share,” ajak Bupati.

Dukungan suara (Vote) baik SMS, YouTube dan Instagram sudah dibuka pada tanggal 01 Mei lalu dan berakhir pada tanggal 30 September 2023. Malam puncak Anugerah Pesona Indonesia 2023 akan digelar di Kota Ambon, 3-5 November mendatang. (Mg-2)