AMBON, Siwalimanews – DPRD Kota Ambon meminta kepada Penjabat Walikota Bodewin Wattimena melakukan perombakan atau pergantian kabinet dijajaran Pemerintah Kota Ambon.

Anggota DPRD dapil Kota Ambon, Jafri Taihuttu kepada Wartawan, di Balaileo rakyat belakang Soya, Kamis (2/6) mengatakan, hal itu perlu, untuk menunjang kinerja penjabat kedepannya.

“Kita dihimpit problem saat dari WTP turun menjadi disclaimer. Kemudian kita sudah berhutang dua kali di BPDM 10 milar lebih, tapi sampai saat ini persoalan pemerintan belum juga selesai. Itu berarti ada yang salah untuk itu, penjabat mesti merombak struktur OPD yang sekarang untuk menjawab kebutuhan itu,” ingat Taihuttu.

Yang berikut lanjutnya, dalam penempatannya nanti, harus menggunakan pendekatan the rock and derek pics atau sesuai dengan spesifikasi keilmuan. Artinya, jangan menempatkan seseorang yang bukan talent atau spesifikasinya disitu.

“Karena problem hari ini dengan cara kerja pemerintahan yang lalu, saya kira karena itu, tidak sesuai keilmuan. Dimana proses promosi dan distribusinya tidak menggunakan pendekatan itu,” paparnya.

Baca Juga: Walikota Tegaskan ASN Harus Disiplin

Selaku perwakilan masyarakat pihaknya meminta harus ada perombakan itu sebagai  langkah pembenahan ke arah yang lebih baik. Sudah barang tentu, perombakannya nanti disesuaikan dengan regulasi yang ada.

“Penjabat harus benahi pada aspek PAD dan keuangan daerah. Jadi dengan merombak, maka perubahan itu akan terjadi,” ujarnya.

Disinggung soal itu artinya, OPD-OPD yang sekarang tidak mampuh menjawab target Pemkot, Taihuttu mengatakan, bahwa faktanya, kondisi pemkot sampai hari ini, seperti ini. Artinya, cilaka kalau orang pemerintahan diminta mengurus urusan teknis dan sebaliknya.

“Maka yang saya bilang tadi, harus the rock and derek pics, supaya benar-benar teruji,” tandasnya. (Mg1)