Ambon, Siwalimanews – Setelah sekian lama tidak terdengar adanya kasus terkonfirmasi Covid-19, kini virus itu kembali memmbuat resah warga kota. Pasalnya berdasarkan data terbaru Dinas Kesehatan Kota Ambon, pada 8 November 2022, sudah terdapat 32 warga yang terkonfirmasi positif Covid19.

Menyikapi lonjakan kasus ini, anggota DPRD Kota Ambon Saidna Azhar Bin Tahir kepada wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Kamis (10/11) menghimbau warga kota agar tetap mentaati protokol kesehatan, dengan kembali memperhatikan anjuran 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Jangan sepelehkan ini. Mari kita tetap menjaga kesehatan dengan taat terhadap protokol kesehatan. Karena dengan adanya kasus baru ini, itu berarti ada kelonggaran yang dilakukan oleh mereka yang terpapar, sehingga dengan mudah virus menyerang,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga minta Dinkes untuk melakukan identifikasi serta pencegahan, yang mana jika kasus terkonfirmasi terbaru itu dianggap berbahaya bagi tingkat penularannya terhadap warga, maka kebijakan untuk menutup kembali akses keluar-masuk Ambon, harus dilakukan.

“Masalah ini jangan dianggap sepeleh, jangan sampai ini berdampak lebih luas lagi kepada kesehatan masyarakat. Pemerintah harus pro aktif, lakukan sosialisasi melalui Puskesmas dan lainnya agar kita tidak lagi ditakut-takuti dengan persolan Covid-19,” tandasnya.

Baca Juga: Besok, DPRD Maluku Gelar Paripurna Pemberhentian Wattimury

Saidna berharap, Dinkes harus segera melakukan langkah antisipasi sebagai upaya penanganan, agar tidak ada lagi penyebaran Covid19 di Kota Ambon secara masif.(S-25)