NAMLEA, Siwalimanews – DPRD kabupaten buru mendesak pemerintah kabupaten buru untuk memper­cepat proses vaksi­nasi bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Buru, Jamaludin Bugis kepada wartawan usai rapat di lantai II Gedung Bupolo, Selasa (7/12).

“Vaksinasi tidak boleh mengendur. Justru saat kasus positif Covid-19 tengah rendah, vaksinasi harus ditingkatkan,” kata Bugis.

Menurutnya  , DPRD perlu menyampaikan hal itu, menyusul evaluasi komisi bersama rekan-rekan DPRD, kalau tingkat pencapaian vaksinasi di daerah itu sangat rendah.

“Kadis Kesehatan harus jemput bola mengenai serbuan vaksin, agar target kita tercapai,” tegas Bugis.

Untuk itu, komisi meminta kepada Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi dengan stakeholder di kabupaten Buru, terutama Polres dan Kodim yang juga gencar melaksanakan serbuan vaksinasi.

“Kadis juga perlu kita mengun­jungi masyarakat untuk memberi edukasi dan mengajak warga agar mau divaksin,” sarannya.

Jamaludin juga memuji kinerja Kapolres Pulau Buru dan Dandim 1506/Namlea dan jajarannya serta pihak-pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam program serbuan vaksin kepada masyarakat di bumi Bupolo.

Secara khusus ia mengkritik kinerja Kadis Kesehatan menyusul rendahnya capaian vaksin di Kabupaten Buru.

“Harus ada evaluasi terhadap yang bersangkutan dari bupati selaku atasannya. Capaian vaksin kita masih sangat rendah, berada di bawah MBD. Bahkan Buru Selatan jauh lampaui kita,” kesalnya. (S-31)