AMBON, Siwalimanews –  Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Maluku, secara resmi menghelat Pekan Olahraga Provinsi Maluku IV yang akan berlangsung 17-27 November mendatang.

Merespon dinulainya Popmal IV, Pelaksana tugas Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut mengaku, sebagai pimpinan lembaga legislatif, pihaknya mendukung dan memberikan support penuh terhadap pelaksanaan Popmal IV.

Kendati mendukung penuh perhelatan Popmal, namun Sairdekut memberikan peringatan kepada panitia penyelenggara yakni KONI Maluku untuk menggunakan anggaran yang digelontorkan daerah secara transparan.

Pasalnya, DPRD tidak mengetahui secara pasti anggaran Popmal IV, karena tidak dilakukan pembahasan terhadap APBD Perubahan 2022, tetapi dalam rapat yang dilakukan Komisi IV bersama Dinas Pemuda dan Olahraga serta KONI diusulkan anggaran Popmal sebesar Rp8 miliar lebih.

Transparansi perlu dilakukan, sebab perhelatan Popmal IV dilakukan ditengah kondisi keuangan negara dan daerah yang tidak stabil, apalagi APBD provinsi yang sangat kecil, maka penggunaan anggaran secara tertanggung jawab dan akuntabel harus diutamakan

Baca Juga: Jelang Pembukaan Popmal, Kontingen Tanimbar Gelar Doa Bersama

“Kita ingatkan KONI dan Panitia POPMAL transparan, karena pelaksanaan popmal ditengah situasi daerah dan bangsa yang sama-sama kita ketahui sedang bermasalah, maka semua penggunaan anggaran harus benar-benar transparan,” tegas Sairdekut kepada Siwalimanews di tribun Lapangan Merdeka, Kamis (17/11).

Menurutnya, keberhasilan Popmal IV sangat tergantung dari sukses proses, sukses pertanggungjawaban dan sukses prestasi, sehingga anggaran yang telah tersedia harus benar-benar digunakan secara optimal, sehingga prestasi olahraga Maluku dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.(S-20)