AMBON, Siwalimanews – Pelaksana tugas Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sair­dekut meminta seluruh masya­rakat Maluku untuk tetap menjaga perdamaian menjelang perayaan hari raya natal dan tahun baru 2023.

Permintaan ini diungkapkan Sairdekut kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Rabu (14/12) respon beberapa konflik antara kelompok masyarakat yang bela­kangan terjadi dan mengganggu perdamaian ditengah masyarakat.

Dikatakan, pemerintah daerah terus berupaya untuk memastikan keamanan dan perdamaian dite­ngah masyarakat tetapi jika tidak didukung dengan kesadaran maka apapun yang dilakukan pemerintah pasti tidak ada nilainya, hal ini karena dalam peran serta masya­rakat dalam menjaga Kamtibmas sangatlah penting.

“Menjelang perayaan natal dan tahun baru ini sebagai pimpinan DPRD kami seluruh masyarakat untuk mendukung upaya perdamaian dan keamanan yang dilakukan pemerintah masing-masing daerah agar masyarakat dapat menjalani hari raya ini dengan  damai,” ujar Sairdekut.

Sairdekut mengungkapkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan masyarakat dengan tidak menyebarkan video atau gambar maupun isu apapun yang dapat memicu ketegangan ditengah-tengah masyarakat, sebaliknya jika ada isu yang berseliweran di masyarakat, maka lebih baik menerus kepada aparat penegak hukum agar dicari kebenarannya.

Baca Juga: Kapolda: Diklat Integrasi Kampus Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri

“Kalau masyarakat mendengar sesuatu langsung di posting baik gambar, video maupun teks maka itu akan memperuncing masalah bukan menyelesaikan masalah, tetapi justru akan menghambat upaya perdamaian yang dilakukan pemerintah daerah,” tegas Sairdekut.

Kaitan dengan beredarnya video kebakaran beberapa rumah milik warga Kariu yang belakangan beredar, Sairdekut meminta seluruh elemen masyarakat untuk dapat menahan diri dan tidak mudah terprovokasi dengan isu apapun sebab akan memperluas masalah.

Sairdekut pun berharap masyarakat tidak main hakim sendiri jika terdapat permasalahan tetapi menyerahkan kepada kepolisian. (S-20)