DPRD Minta Dinas LHP Pakai Media Sosialisasi Sampah

AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Kota Ambon, Christian Latumahina meminta, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (LHP) memakai media sebagai salah satu sarana yang efektif membantu sosialisasi masalah sampah.

Hal ini penting untuk membangun kesadaran masyarakat membuang sampah tepat waktu, sehingga tidak berdampak pada pengangkutan sampah pada waktu aktivitas masya­rakat.

“Kita harus tepat waktu buang sampah pada malam hari, sehingga tidak berimbas kepada penumpukan sampah yang musti mendorong Dinas LHP itu harus mengangkut sampah sampai pada siang hari, dan ini sangat menganggu,” jelas Latu­ma­hina kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (9/10).

Untuk membangun kesadaran masyarakat, lanjut Latumahina, maka Dinas LHP harus bisa memiliki cara-cara penanganan yang tepat dengan menggunakan media untuk terus menerus menyuarakan kepada ma­syarakat.

Kader Fraksi Nasdem ini meng­ungkapkan, sosialisasi Dinas LHP musti melakukan cara-cara yang bisa membangun kesadaran masyarakat. dengan begitu kesadaran masya­rakat bisa terbangun.

Selanjutnya, Pemkot melalui Dinas LHP menyikapi dengan ketersediaan armada yang cukup. Disadari bahwa peningkatkan volume sampah tidak sebanding dengan armada sampah

“Armada ini juga banyak yang sudah tua, kita pahami memang ini juga harus menjadi perhatian dari Pemkot, karena sampah itu dari wak­tu ke waktu bertambah sementara armadanya tidak sebanding,” ka­tanya.

Ia mendorong agar perlu ada pe­nambahan armada sampah, sehing­ga masalah sampah ini bisa tertanga­ni dengan baik.

Dia juga meminta, Dinas LHP sebuah kajian yang memiliki data dan prediksi peningkatan sampah ini sehingga betul-betul dalam perenca­naannya bisa dijawab dengan ber­bagai terobosan.

“Seperti penganggaran dengan ketersediaan anggaran. saya kira ini hal penting disampaing hal-hal lain sehingga jangan sampai sudah jadi persoalan, sudah menimbulkan dampak baru kita mau menanggani. Ini sudah terlambat,” tuturnya.

Salahkan Masyarakat 

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas LHP Kota Ambon bukannya melakukan pengawasan dan eva­luasi terhadap proses angkut sam­pah yang selama sepekan ini terjadi disiang hari, namun balik menyalah­kan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas LHP, Lucia Izaack terkait ditemukan­nya proses angkut sampah di siang hari dan bukan malam hari sebagai­mana aturan yang disampaikan oleh dinas tersebut.

Lusia beralibi, petugas sampah yang mengangkut sampah disiang hari disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah di waktu pagi dan bukan malam hari.

Katanya, sampah yang diangkut petugas siang hari merupakan sam­pah yang dibuang masyarakat pada waktu pagi hari.

“Jangan salahkan petugas, me­reka selalu mengangkut sampah te­pat pada waktunya. cuman masya­rakat belum mempunyai kesadaran, masyarakat selalu buang sampah tidak tepat waktu, padahal kita selalu melakukan sosialisasi kepada ma­syarakat,”kata Kepala Dinas LHP Kota Ambon, Lucia Izaack kepada Siwalima melalui telepon seluler­nya, Selasa (8/10).

Untuk diketahui, jadwal buang sampah yang diterapkan oleh Pem­kot yakni mulai dari 22:00 WIT hingga 05.00 WIT.

Menurutnya, waktu yang mereka tentukan banyak yang dilanggar oleh masyarakat, sehingga untuk melakukan penegakan pihaknya masih harus menunggu perda. (S-19)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *