AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku akan mengoptimalkan pengawasan Covid-19 dengan membentuk, sub tim yang nantinya akan turun secara langsung dibeberapa tempat untuk melihat dan mendengar secara langsung kenyataan di lapangan.

“Dalam rangka mengoptimalkan fungsi pengawasan penanganan Covid-19 DPRD Provinsi Maluku akan membentuk sub tim yang nantinya akan turun secara langsung dibeberapa tempat, untuk melihat dan mendengar secara langsung kenyataan di lapangan,” jelas Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Ambon, Senin (15/6).

Langkah ini diambil oleh pimpi-nan DPRD sekaligus pimpinan tim pengawas Covid-19 dalam rapat bersama yang dilakukan dengan tujuan, mengevaluasi perkembangan Covid-19 yang saat ini telah menyentuh angka yang sangat memprihatikan.

“Kami pimpinan dewan telah melakukan rapat evaluasi untuk melihat perkembangan Covid-19 yang semakin hari semakin memprihatikan,” jelas Wattimury.

Wattimury menuturkan, dengan melihat kondisi yang ada serta persoalan yang terjadi maka, pimpinan telah menetapkan beberapa kebijakan dan nantinya akan dirapatkan bersama anggota tim pengawasan Covid-19 lainnya untuk disepakati.

Kebijakan yang diambil diantaranya, akan membentuk tiga sub tim untuk melakukan pengawasan di lapangan.

Sub tim pertama, akan mengawasi agenda dibidang kesehatan baik rumah sakit, sub tim yang kedua akan mengawasi jaring pengaman sosial termasuk ekonomi dan sub tim yang ketiga akan mengawasi dibidang transportasi serta perhubungan.

Wattimury secara tegas me-nyampaikan, alasan membentuk sub tim agar kedepan tim pengawasan Covid-19 DPRD dapat efektif bekerja, dan secara langsung melihat fakta yang terjadi pada masing-masing bidang, sebab saat ini banyak video yang beredar dengan berbagai versi yang kadang benar tetapi kadang belum tentu benar, sehingga menimbulkan penilaian masyarakat yang berbeda-beda mengakibatkan kepanikan masyarakat.

Selain itu, tambah Wattimury, dengan pengawasan secara langsung maka jika ditemukan masalah dilapangan, dapat mengundang para mitra untuk melakukan rapat sehingga upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dilakukan secara bersama-sama.

Politisi PDIP ini pun mengakui, jika dalam kondisi saat ini, pemerintah daerah harus bersama dalam setiap gerakan untuk mengatasi penyebaran Covid-19. (Mg-4)