DPRD Malteng Resmi Sahkan 8 Fraksi

MASOHI,Siwalimanews – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) resmi mengesahkan 8 fraksi, yang berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Maluku yang digelar di ruang Sidang Utama DPRD Malteng, Rabu, (2/10).

Dari delapan fraksi itu, enam diantaranya adalah fraksi utuh dan dua fraksi lainnya merupakan fraksi gabungan.

Enam fraksi utuh itu yakni Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB dan Fraksi Gerindra.

Sementara dua fraksi gabu­ngan yakni Fraksi gabungan antara Partai Hanura dan Partai Perindo  serta fraksi gabungan lainnya yakni PAN, PKS dan PPP.

Ketua DPRD sementara, Fatzah Tuankotta menegaskan, pimpinan DPRD dalam upaya memfasilitasi pembentukan fraksi di kantor wakil rakyat Kabupaten Pamahanu-Nusa masa jabatan 2019-2024 dilakukan sesuai mekanisme dan atas usulan partai politik tentang distribusi anggotanya ke masing-masing fraksi.

“Semua sudah kita lakukan sesuai mekanisme dengan mengesahkan usulan partai politik mengingat fraksi adalah perpanjangan tangan partai yang sesuai perintah undang-undang harus dibentuk fraksi atau putusan Parpol di lembaga rakyat,” jelasnya.

Tuankotta menambahkan, pihak­nya diperhadapkan dengan banyak agenda yang sedang menanti, sehingga sesuai dengan tugas dan fungsi pimpinan semen­tara adalah mutlak untuk melaksa­nakan proses pemben­tukan fraksi, memfasilitasi pembentukan Tata tertib serta alat kelengkapan.

Olehnya dalam waktu dekat ini, Pimpinan DPRD bersama seluruh anggota akan berupaya maksimal guna melaksanakan tugas dan fungsi pimpinan DPRD sementara itu dengan cepat.

“Kami yakin tugas dan fungsi pimpinan sementara akan kita lakukan dengan cepat. agar tugas-tugas DPRD sesuai fungsi dan perannya itu dapat segera dilaksanakan,” tandas Tuankotta. (S-36)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *