DPRD Malteng Konsultasi Penyusunan Tatib

AMBON, Siwalimanews – DPRD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang baru dilantik pekan lalu, melakukan konsultasi dengan pemerintah provinsi untuk penyusunan tata tertib dan kota etik DPRD.

Konsultasi ini sendiri dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah Fatza Tuankotta didampingi Wakil Ketua DPRD Demianus Hattu serta sejumlah anggota DPRD Maluku lainnya.

Kedatangan rombongan DPRD Malteng ke pemerintah Provinsi Maluku diterima oleh Karo Hukum Henry Far-Far dan melakukan rapat tertutup di ruangan Asisten III Bidang Pere­konomian dan Pembangu­nan Sekda Maluku, Jumat (4/10).

Usai pertemuan, Ketua DPRD Malteng Fatza Tuankota kepada wartawan mengaku, jika kedatangan dirinya dan teman-teman ingin berkonsultasi untuk penyusunan tata tertib dan kode etik DPRD.

“Jadi pertemuan kita dengan Pemerintah Provinsi Maluku yakni kita ingin berkonsultasi tentang penyusunan tatib dan kode etik sehingga ketika melakukan tugas itu berpedoman pada tatib dan kode etik DPRD,” terang Tuankotta.

Dijelaskan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD provinsi, kabupaten, dan kota menyatakan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerin­tahan daerah memiliki peran dan tanggung jawab dalam menunjukan efisiensi, efektivi­tas, produktivitas, dan elektabi­litas penyelenggaraan pemerin­tah daerah melalui pelaksanaan hak, kewajiban, tugas, wawe­nang, dan fungsi DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan.

“Tata Tertib yang akan kita susun ini akan menjadi peraturan yang berlaku di lingkungan internal DPRD, olehnya perlu dilakukan konsultasi ke peme­rintah provinsi,” jelasnya.

Dikatakan, saat melakukan konsultasi ini sendiri mendapat tanggapan positif dari Pemerintah Provinsi Maluku.

“Pemprov menyarankan dalam penyusunan tatib, apa yang harus dimasukan dan dan sebagainya sehingga dengan arahan itu maka akan dipakai sebagai dasar nanti untuk menyusun tatib dan kode etik,” terangnya. (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *