AMBON, Siwalimanews – Varian Covid-19 Omicron mulai menyerang masyarakat di Maluku dan Ambon menjadi kota paling terdampak dari penyebarannya.

Menyikapi itu, DPRD Kepulauan Tanimbar meminta kepada masyarakatnya untuk waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi kami minta warga yang beraktivitas selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas,” kata Ketua DPRD Kepulauan Tanimbar Jaflaun Batlayeri, kepada Siwalima, tadi malam.

Dirinya mengaku varian baru Omicron penyebaran sangat cepat sekali. Olehnya itu perlu dihindari kerumunan dalam jumlah banyak serta mengurangi aktivtas di luar rumah tanpa menggunakan masker.

“Mari kita proteksi diri dengan menerapkan protokol kesehatan, agar terlindungi,” pinta Batlayeri.

Baca Juga: 2 Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19, Bursel Masuk Zona Merah

Menurutnya pemerintah KKT saat ini sudah bekerja keras untuk bagaimana melindungi masyarakatnya dari penyebaran virus corona. Melakukan vaksi­-nasi massal dan menyiapkan tenaga kesehatan serta obat-obatan katanya menjadi bentuk kesiapan pemerintah menghadapi gelombang serangan virus Corona.

“Saya kita untuk di KKT pemerintah dan Satgas Penaganan Covid-19  siap menghadapi, namun perlu di ingatkan kepada masyarakat, mari bersama kita membantu pemerintah memutus mata rantai penyebarannya dengan menerapkan prokes,” terangnya.

Politisi Partai Demokrat ini juga mendorong pemerintah daerah memperketat pintu masuk baik itu di bandara maupun pelabuhan laut.

“Setiap warga yang masuk ke Tanimbar harus diawasi dan diperiksa kesehatanya, jangan sampai kita lengah, virus ini dia sudah masuk,” harapnya. (S-09)