AMBON, Siwalimanews – DPRD berharap diakhir Desember, empat negeri Kota Ambon sudah memiliki raja definitif.

Masing-masing negeri yang saat ini dijabat oleh penjabat sementara yakni Negeri Batu Merah, Naku, Laha dan negeri Hative Besar.

Ketua Komisi I DPRD Ambon, Jafri Taihuttu kepada Siwalima Minggu (4/12) mengatakan untuk Negeri Batu Merah pihaknya mendapat informasi akan diputuskan akhir bulan ini.

“Pasca putusan tersebut, pelantikan raja Negeri Batu Merah akan langsung dilakukan, demikian juga dengan Negeri Naku, Laha dan Hative Besar,” ujar Jafri.

Ia menjelaskan kalau komisi juga sudah berkoordinasi dengan Tim Pendampingan Pemilihan Raja di Kota Ambon Pieter Saimima dan mendapat kepastian desember ini ada pelantikan sebanyak empat raja.

Baca Juga: Angin Kencang, Wings Air Dialihkan ke Sorong

Namun meski itu sudah direncanakan, Jafri mengatakan jika ada kendala, bisa saja mengalami penundahan.

“Laha dan Naku itu sudah rampung. Sementara Hative Besar masih proses menyusun. Batu Merah tinggal menunggu putusan kasasi di Desember ini. kalau semua itu berjalan baik rencana Desember terealisasi,” ujarnya.

Pemkot Ambon menurutnya serius untuk menuntaskan persoalan pelantikan raja di sejumlah wilayah dan diharapkan seluruh negeri-negeri adat sudah harus dipimpin raja definitif.

Untuk diketahui hingga kini, masih tersisa sembilan negeri yang dipimpin pejabat raja yakni Passo, Batu Merah, Laha, Hative Besar, Rumah Tiga, Tawiri, Naku, Amahusu dan Seilale.

Sementara 13 Negeri yang sudah dipimpin raja definitif yakni Ema, Hatalai, Hukurila, Kilang, Hutumuri, Leahari dan Rutong. Selanjutnya Negeri Latuhalat, Nusaniwe dan Urimessing, Soya, Hative Kecil dan Halong. (S-25)