MASOHI, Siwalimanews – DPRD Kabupaten Maluku Tengah mendesak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah itu untuk melakukan evaluasi terhadap pos masuk ke kabupaten ini di Kecamatan Salahutu.

Evaluasi ini dinilai DPRD perlu dilakukan, sebab peningkatan jumlah pasien positif di daerah ini cukup siginifikan dalam tiga hari terkahir ini. “Pos penanganan Covid-19 di Salahutu tidak sistematis, masih sangat lengah. Mereka yang dari wilayah Ambon sampai hari ini masih masuk tanpa pengawasan ketat. Peningkatan jumlah kasus positif di wilayah kita bisa jadi akibat masalah ini. Kami minta Gustu lakukan evaluasi dan perketat pos masuk wilayah Salahutu. Jika ini  tak dilakukan, maka jumlah warga terinfeksi di Malteng akan terus meningkat,” tegas Sekertaris Fraksi Partai Gerindra Welyoop Putuhena kepada Siwalima di Masohi, Kamis (18/6).

Dikatakan penyebab pening­katan jumlah warga yang terinfeksi tidak hanya diakibatkan oleh sikap warga yang tidak mentaati proto­-kol kesehatan dalam masa pandemi saat ini. Namun lengahnya pengamanan wilayah juga bisa jadi penyebabnya, apalagi sampai ada kesan pembiaran.

“Kalau kita lengah akibatnya terjadi seperti sekarang. Jadi bukan hanya karena penyebab warga tidak patuh terhadap protokol kesehatan tapi lengahnya kita mengamankan wilayah kita dari mereka yang hendak masuk wilayah Malteng. Kalau ini masih terus berlanjut maka bisa dipastikan jumlah warga terinfeksi di Salahutu, Saparua dan Pulau Haruku akan terus mengalami peningkatan,” cetusnya.(S-36)