AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku mendesak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku untuk mengumumkan hasil seleksi kepala sekolah yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Pasalnya, hasil seleksi perlu diumumkan sesegera mungkin agar tidak menimbulkan anggapan, jika hasil seleksi ada intervensi atau titipan dari pihak manapun.

“Yang menjadi pertanyaan, kenapa belum juga dilakukan pengumuman, karena itu perlu dilakukan agar tidak ada anggapan akan ada intervensi atau titipan,” tandas Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Azis Sangkala kepada Siwalimanews, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (25/11).

Menurutnya, dengan adanya keterlambatan pengumuman hasil seleksi, maka akan berdampak terhadap kinerja para kepala sekolah, terutama pada sekolah-sekolah yang sampai saat ini masih dipimpin oleh seorang pelaksana tugas.

“Dengan mutu pendidikan kita yang masih tergolong rendah, maka faktor kepala sekolah sangat berperan penting untuk memastikan kurikulum bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Matrutty Pimpin Masyarakat Selaru

Pada prinsipnya DPRD, kata Sangkala. tetap mendukung seleksi yang dilakukan, untuk memberikan kesempatan kepada semua putri-putri terbaik daerah menduduki jabatan kepala sekolah, tetapi hasilnya pun harus segera diumumkan.

“Kita berharap, proses yang dilakukan memenuhi rasa transparansi dan tetap berpegang kepada prinsip-prinsip profesionalitas,” harapnya. (S-50)