AMBON, Siwalimanews – DPRD dan Pemerintah Kota Ambon sepakat pelaksanaan pelantikan raja Urimessing dan Latuhalat dilakukan pada Agustus mendatang.

Dalam rapat dengar pendapat yang digelar Komisi I DPRD bersama pemkot ambon yang diwakili Sekot Agus Ririmasse, Kepala Tata Pemerintahan Kota Ambon. hadir juga penjabat raja Urimessing, serta para mantan saniri negeri Urimessing.

Rapat yang berlangsung di Ruang Paripurna Utama DPRD Kota Ambon itu, membahas persoalan penetapan raja Urimessing dan juga Latuhalat serta beberapa negeri lainnya yang belum memiliki raja definitif.

Usai rapat, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Jafri Taihuttu, kepada wartawan menjelaskan, telah disepakati dalam satu bulan kedepan, raja regeri Urimeseng akan dilantik, karena mantan saniri negeri Urimessing telah memutuskan mata rumah parentah dan tinggal menunggu menetapan Perneg.

“Apalagi ini calon tunggal. Dengan itu maka tugas komisi agak lebih ringan, setelah juga disampaikan oleh penjabat Walikota dalam waktu dekat, Raja Latuhalat juga akan dilantik,” jelasnya.

Baca Juga: Lima Personil Polres Ambon Purna Tugas

Itu artinya, lanjut Jafri sisa delapan negeri minus Negeri Batu Merah dan Passo yang masih berproses di meja hijau. Sedangkan enam Negeri lainnya akan ditindaklanjuti usai dua negeri tersebut.

“Kita ingin tuntaskan semuanya,” tandasnya

Sementara itu, Sekot Ambon Agus Ririmasse menambahkan, bahwa ini langka baik yang diambil Komisi I guna memastikan kesiapan pe­lantikan raja Urimessing.

“Kita tahu Urimessing selama ini belum memiliki raja definitif. Dengan itu, dihadapan komisi, pemerintah berkomitmen dalam satu bulan kita tuntaskan persoalan ini. Masuk bulan berikutnya, akan dilakukan pelantikan, ujarnya.

“Saya juga sudah perintahkan penjabat raja, bahwa tugas penjabat adalah melahirkan raja definitif,” urainya lagi.

Ia juga memastikan akan me­ngawal proses pelantikan raja Uri­messing. Pihaknya juga meminta dukungan tokoh-tokoh masyarakat Urimeseng untuk duduk bersama membahas sehingga nantinya, tidak ada perdebatan yang kursial. Tetapi bagaimana proses ini untuk menuju pada raja definitif.

“Kalau sudah selesai, nanti akan di­siapkan Perneg. Sementara negeri-negeri lainnya juga akan diprioritaskan. Sama halnya de­ngan Negeri Batu Merah dan Passo yang sudah sampai di meja hijau. Jadi setelah kita tuntaskan Urimessing, dan Latuhalat dalam waktu dekat, kita juga akan tun­taskan 8 negeri lainnya,” tandas­nya. (Mg-1)