AMBON, Siwalimanews –  Komisi II DPRD Provinsi Maluku hingga saat ini belum juga mengunjungi lokasi tambang rakyat yang berada di Desa Tamilow, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Padahal sebelumnya Komisi II telah berjanji untuk melakukan kunjungan ke desa tersebut guna melihat langsung kondisi yang ada, sebelum mengeluarkan rekomendasi terhadap aktivitas penambangan tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Saodah Tethool kepada Siwalimanews, Sabtu (24/7) membenarkan, kalau komisi yang dipimpinnya belum juga turun untuk melihat langsung kondisi disana.

“Sampai saat ini kita belum turun lihat tambang rakyat di Desa Tamilow,” ungkap Tethool.

Menurutnya, komisi hingga saat ini belum turun, dikarenakan agenda yang ada masih berkaitan dengan pengawalan terhadap proyek-proyek yang dibiayai APBD maupun APBN tahun 2020.

Baca Juga: Aliansi Kapitan Maluku Tolak Perpanjangan PPKM

Sedangkan persoalan tambang rakyat di Desa Tamilow, bukan merupakan persoalan yang harus diawasi, melainkan akan ditinjau dalam agenda verifikasi surat masuk.

“Itu kan bukan kegiatan dan masalah APBD maupun APBN, jadi kita tidak bisa turun. Nanti saat verifikasi surat masuk baru kita turun,” kilahnya.

Tethool kembali berjanji, jika nantinya dalam agenda verifikasi surat masuk, maka komisi akan segera turun untuk memastikan kondisi yang ada disana, sehingga rekomendasi yang dikeluarkan pun adil untuk semua pihak.

“Pokoknya saat verifikasi kita akan turun dan lihat supaya ketika rekomendasi dikeluarkan tidak ada yang tersakiti,” janjinya. (S-50)