AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku memastikan akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap realisasi belanja APBD tahun 2021.

“Memang saat ini suluruh komisi di DPRD secara kelembagaan sedang melakukan agenda pengawasan tahap dua, dan kita pastikan akan awasi ketat realisasi APBD,” tandas Wakil ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (6/6) merespon pelaksanaan pengawasan tahap II.

Pengawasan tahap dua yang dilakukan DPRD kata Sairdekut, dipusatkan pada lima kabupaten masing-masing, Kabupaten Maluku Tenggara, Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sedangkan untuk enam kabupaten lainya, telah dilakukan pengawasan oleh DPRD pada beberapa bulan yang lalu, namun karena adanya agenda penting lainya, maka DPRD baru dapat melakukan pengawasan tahap dua.

Pengawasan pada 11 kabupaten/kota di Maluku sangat penting diselesaikan, dalam rangka memastikan seluruh kegiatan dan program yang dibiayai dengan APBD tahun 2021 terealisasi dengan baik.

Baca Juga: BKKBN Gelar Pelatihan Fasilitator Pendamping Keluarga

“Prinsipnya DPRD ingin memastikan realisasi setiap kegiatan dan program telah berjalan, sehingga ketika dilakukan pembahasan terhadap laporan pertanggungjawaban gubernur tahun anggaran 2021 dapat dilakukan sinkronisasi dengan kondisi ril di lapangan,” tegasnya.

Seluruh hasil pengawasan yang dilakukan oleh masing-masing komisi tambah Sairdekut, akan dibahas secara serentak, dan hasilnya akan disampaikan kepada pimpinan DPRD untuk diambil langkah-langkah selanjutnya.(S-20)