AMBON, Siwalimanews – DPP PDI Perjuangan menyerah­kan tiga unit ventilator Portable ke dua rumah sakit di Kota Ambon, un­tuk membantu melayani masyarakat yang terserang virus corona.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Murad Ismail kepada RSUD dr. M. Haulussy dan diterima Kadis Kese­hatan Maluku, Meikyal Pontoh. Sementara RST Tingkat II dr, Latumeten diterima Kepala Rumah Sakit Kolonel Ckm dr. Machumd Yunus di lobi Kantor Gubernur Maluku, Rabu (3/6).

Murad berharap, dengan penam­bahan ventilator tersebut dapat mem­bantu rumah sakit dalam pe­layanan khususnya masyarakat yang terserang Covid-19.

“Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu pasien yang terpapar virus. Ini se­suai dengan tindakan medisnya,” ujar Murad.

Bantuan ventilator ini, lanjut Murad, merupakan janji dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Mega­wati Soekarnoputri kepada Maluku.

Baca Juga: Menuju New Normal, Wakapolda Cek Kesiapan Satker

Mesin ventilator akan mengatur proses menghirup dan menghembuskan napas pada pasien. Ventilator akan memompa udara selama beberapa detik untuk menyalurkan oksigen ke paru-paru pasien, lalu berhenti memompa agar udara keluar dengan sendirinya dari paru-paru.

“Kemarin saya janji, hari ini kita serahkan ke RSUD dr. M. Haulussy dan Rumah Sakit Tentara, bantuan dari Ibu Mega,” tandasnya. (S-39)